2 Macam Keutamaan di Bulan Rajab

Bismillah…

Insyaa Allah dalam beberapa hari ke depan kita akan berjumpa dengan bulan Rajab, yang merupakan salah satu dari bulan Haram.

Adakah keistimewaan, kekhususan dan keutamaan bulan Rajab? Sebagai umat Islam yang ingin menjalankan syari’at Islam dengan lurus, murni dan sesuai tuntunan, kita tentu harus mencari tahu dan menggali ilmu tentang hal tersebut, yang dilandaskan kepada dalil-dalil yang shahih dari Al-Qur’an dan As-Sunnah.
 

Tentang Keutamaan Bulan Rajab

Bulan Rajab merupakan salah satu dari bulan Haram yang didalamnya terdapat hal-hal yang diharamkan.

Allah Ta’ala berfirman :
 

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ذَلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ فَلَا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنْفُسَكُمْ

Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu.” (QS. At Taubah: 36)

 
Berdasarkan pendapat ulama, Al Qodhi Abu Ya’la rahimahullah, beliau mengatakan, ”Dinamakan bulan haram dikarenakan dua makna :
 

  1. Pada bulan tersebut diharamkan berbagai pembunuhan. Orang-orang Jahiliyyah pun meyakini demikian.
  2. Pada bulan tersebut larangan untuk melakukan perbuatan haram lebih ditekankan daripada bulan yang lainnya karena mulianya bulan itu. Demikian pula pada saat itu sangatlah baik untuk melakukan amalan ketaatan.” (Lihat Zaadul Masiir, tafsir surat At Taubah ayat 36)

Inilah keutamaan dari bulan Haram yang Rajab merupakan salah satu diantara bulan tersebut. 2 hal tersebutlah yang dianjurkan untuk kita lakukan.

Jika berbicara tentang hal-hal yang diharamkan, sudah pasti jelas tentang bagaimana cara kita untuk menjauhinya, dengan upaya dan ikhtiar yang lebih maksimal disertai dengan permohonan hidayah dan taufik agar dijauhkan dari perbuatan yang diharamkan.

Namun berbicara tentang ketaatan, adakah ibadah khusus baik berupa sholat, puasa, dan lain sebagainya yang dikhususkan pada bulan Rajab?

Penjelasannya akan diuraikan pada artikel selanjutnya… Insyaa Allah…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: