3 ALASAN KENAPA KITA HARUS MEMAHAMI DAN MENGAMALKAN TAUHID

3 ALASAN KENAPA KITA HARUS MEMAHAMI DAN MENGAMALKAN TAUHID KEPADA ALLAH

 

بســـــم الله الرحمن الرحيم

الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله، أما بعد

 

Tauhid merupakan amalan yang sangat wajib dan agung, maka menjadi heran jika masih saja ada orang yang meremehkan tauhid, sehingga tidak mau memahami dan tidak mau mengamalkannya. Berikut ini akan kami paparkan 3 alasan kenapa kita harus memahami dan mengamalkan tauhid, semoga dengan adanya artikel yang singkat ini membuat kita semakin sadar akan penting dan wajibnya memahami dan mengamalkan tauhid kepada Allah

 

Pertama, Karna Allah memerintahkan kepada kita untuk mentauhidkan-Nya

 

Allah Subbhanahu wa Ta’ala berfirman :

فَاعْلَمْ أَنَّهُ لَا إِلَـٰهَ إِلَّا اللَّـهُ وَاسْتَغْفِرْ لِذَنبِكَ وَلِلْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ

“Ketahuilah/ilmuilah, bahwa sesungguhnya tidak ada Ilah (sesembahan/tuhan) selain Allah dan mohonlah ampunan bagi dosamu dan (dosa) orang-orang mukmin, laki-laki dan perempuan.” (QS. Muhammad: 19)

ayat di atas, Allah Ta’ala perintahkan “mengilmui’’ terlebih dahulu, sebelum kemudian terjun ke ranah ibadah. Ini merupakan dalil yang jelas bahwa Allah memerintahkan kita untuk meng-ilmui Tauhid dengan benar.

Sesuai penelitian para Ulama, ada tiga bab tauhid yang wajib di pelajari, yaitu :

  • Tauhid Rubbubiyyahyakni meng-esa-kan Allah sebagai pencipta, pengurus, pengatur seluruh alam semesta. Tidak ada yang luput dari-Nya (2) Tauhid Asma’ wa shifat yakni meng-esa-kan Allah dalam Nama-nama dan sifat-sifatnya yang di sertai pengagungan sesuai keagungan Allah, tidak menyamakan Allah dengan makhluk, menetapkan dan menafikan apa-apa yang ditetapkan dan dinafikan oleh Allah dan Rasul-Nya (3) Tauhid uluhiyyah, yakni meng-esa-kan Allah dalam ibadah tidak boleh mengadakan sekutu dalam ibadah untuk Allah walaupun itu malaikat, Nabi atau orang sholeh

 

Kedua, Tauhid menjadi sebab Allah memberikan solusi dalam kehidupan kita

 

Perhatikan, firman Allah Ta’ala berikut ini :

وَمَنْ يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَلْ لَهُ مَخْرَجًا (2) وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ وَمَنْ يَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ فَهُوَ حَسْبُهُ إِنَّ اللَّهَ بَالِغُ أَمْرِهِ قَدْ جَعَلَ اللَّهُ لِكُلِّ شَيْءٍ قَدْرًا (3)

Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)-Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.” (QS. Ath Tholaq: 2-3)

Ayat di atas menyatakan bahwa jika seseorang bertakwa dengan benar maka Allah akan memberikannya solusi dari arah yang tidak di sangka-sangka, sedangkan seseorang tidak bisa dikatakan bertakwa hingga dia benar-benar men-Tauhid-kan Allah Ta’ala

 

Ketiga, Allah menjanjikan surga bagi siapa saja yang men-tauhidkan-Nya

 

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ مَاتَ وَهُوَ يَعْلَمُ أَنَّهُ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ دَخَلَ الْجَنَّةَ.

“Barangsiapa yang mati dan ia mengetahui bahwa tidak ada ilah yang berhak diibadahi dengan benar melainkan Allah, maka ia masuk Surga.”

Kata “mengetahui” dalam hadits di atas maksudnya adalah meng-ilmui serta mengamalkannya dengan benar, karna tidak mungkin seseorang itu disebut mengetahui tapi dia tidak mengamalkannya

 

Demikian “3 alasan mengapa kita harus memahami dan mengamalkan Tauhid kepada Allah” semoga Allah Ta’ala menjadikan artikel yang singkat ini sebab kita semua lebih mau dan lebih semangat untuk memahami dan mengamalkan tauhid.

 

والله أعلم بالصواب

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *