Akhlak Tentang Berbakti Kepada Ibu Bapak (Birrul Walidain)

Assalamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh.

Dalam artikel kali ini kami ingin membagikan informasi kajian tentang akhlak kepada Ibu dan Bapak, atau lebih dikenal dengan istilah “Birrul Walidain”.

Semoga dengan informasi ini, antum yang masih memiliki orang tua, bisa memaksimalkan nikmat tersebut untuk mendapatkan keridhoan ibu bapak yang secara tidak langsung akan menghadirkan keridhoan Allah subhanahu wa ta’ala. Begitu pun bagi antum yang orang tuanya sudah meninggal, bisa mengetahui bagaimana cara berbakti kepada ibu bapak yang sudah meninggal dunia.

 

Berbakti Kepada Ibu Bapak Adalah Perintah Allah Subhanahu wa Ta’ala

Umat islam telah diperintahkan oleh Allah agar berbakti kepada orang tua. Banyak dalil yang menjelaskan tentang kewajiban ini, antara lain :

 

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman :

وَقَضَىٰ رَبُّكَ أَلَّا تَعْبُدُوٓا۟ إِلَّآ إِيَّاهُ وَبِٱلْوَٰلِدَيْنِ إِحْسَٰنًا ۚ إِمَّا يَبْلُغَنَّ عِندَكَ ٱلْكِبَرَ أَحَدُهُمَآ أَوْ كِلَاهُمَا فَلَا تَقُل لَّهُمَآ أُفٍّ وَلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُل لَّهُمَا قَوْلًا كَرِيمًا

Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia.” (Al-Isra’ 17:23)

 

Kemudian Allah subhanahu wa ta’ala pun berfirman :

… أَلَّا تُشْرِكُوا۟ بِهِۦ شَيْـًٔا ۖ وَبِٱلْوَٰلِدَيْنِ إِحْسَٰنًا ۖ وَلَا تَقْتُلُوٓا۟ أَوْلَٰدَكُم….

…janganlah kamu mempersekutukan sesuatu dengan Dia, berbuat baiklah terhadap kedua orang ibu bapak…” (Al-An’am : 151)

 

Pada dalil Al-Qur’an diatas, Allah subhanahu wa ta’ala menyandingkan perintah untuk tidak mempersekutukan-Nya dengan perintah untuk berbakti kepada ibu bapak. Hal ini menunjukkan tentang pentingnya berbuat kepada ibu bapak setelah mengamalkan tauhid.

Oleh karenanya, sebagai muslim yang taat terhadap perintah Allah, maka berbakti dan berbuat baik kepada ibu bapak merupakan hal yang harus diprioritaskan. Karena selain akan mendapatkan keridhoan ibu bapak, juga akan mengundang keridhoan Allah subhanahu wa ta’ala.

 

Apa Itu Berbakti Kepada Ibu Bapak?

Hasan Al-Bashri pernah ditanya, “Apa itu berbakti kepada ibu bapak?

Maka Hasan Al-Bashri rahimahullah menjelaskan bahwa berbakti kepada ibu bapak adalah melakukan 2 hal sebagai berikut :

  1. Engkau mencurahkan kepada mereka berdua (ibu bapak) apa yang kau miliki, baik harta, tenaga, waktu, perhatian dan lain sebagainya, sebagaimana mereka mencurahkan semua itu untukmu.

  2. Engkau mentaati keduanya pada perkara-perkara yang diperintahkan, selama perintah tersebut bukan kemaksiatan. Jika perintah tersebut mengandung kemaksiatan, maka jangan turuti perintah tersebut kemudian tolak dengan cara yang baik dan do’akan agar Allah subhanahu wa ta’ala memberikan hidayah kepada orang tuamu.

Penjelasan Hasan Al-Bashri diatas cukup menjelaskan tentang kewajiban berbakti kepada orang tua serta mentaatinya dalam perkara yang tidak mengandung kemaksiatan.

Jika perkara yang diperintahkan ibu bapak kita mengandung kemaksiatan, maka dalil berikut ini yang bisa dijadikan pegangan untuk menolak perintah yang mengandung maksiat dari orang tua kita.

 

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman :

وَوَصَّيْنَا ٱلْإِنسَٰنَ بِوَٰلِدَيْهِ حُسْنًا ۖ وَإِن جَٰهَدَاكَ لِتُشْرِكَ بِى مَا لَيْسَ لَكَ بِهِۦ عِلْمٌ فَلَا تُطِعْهُمَآ ۚ إِلَىَّ مَرْجِعُكُمْ فَأُنَبِّئُكُم بِمَا كُنتُمْ تَعْمَلُونَ

Dan Kami wajibkan manusia (berbuat) kebaikan kepada dua orang ibu-bapaknya. Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan Aku dengan sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu, maka janganlah kamu mengikuti keduanya. Hanya kepada-Ku-lah kembalimu, lalu Aku kabarkan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.” (Al-‘Ankabut 29:8)

 

Cara Berbakti Kepada Ibu Bapak

Lalu bagaimanakah pengamalan yang harus dilakukan dalam rangka berbakti kepada ibu bapak? Berikut adalah penjelasannya :

  1. Mentaati mereka berdua pada perkara-perkara yang diperintahkan,

  2. Merendahkan suara disisi mereka berdua dan berbicara dengan mereka berdua secara lemah lembut,

  3. Katakanlah kepada mereka ucapan yang mulia dengan santun,

  4. Menghormati keduanya dan menghambakan diri di hadapan ibu bapak,

  5. Meminta izin kepada ibu bapak ketika akan pergi safar dalam waktu yang lama,

  6. Berinfaq kepada ibu bapak dan menutupi kebutuhan mereka berdua,

  7. Mendo’akan mereka berdua baik ketika masih hidup maupun setelah meninggal.

Itulah beberapa diantara cara berbakti kepada ibu bapak, yang wajib dijalankan oleh setiap anak.

Cara-cara diatas sudah banyak dilupakan oleh anak anak di zaman sekarang, dimana kebanyakan diantara generasi muda saat ini sudah tidak menaruh hormat, sudah banyak yang membangkang, dan tidak sedikit yang durhaka. Na’udzubillah.

Padahal untuk berkata “ah” kepada ibu bapak pun, Allah sudah melarangnya sebagaimana yang telah dijelaskan pada surat Al-Isra’ ayat 23 diatas.

***

Demikian penjelasan akhlak tentang berbakti kepada ibu bapak (Birrul Walidain) yang bisa kami sampaikan.

Semoga dengan penjelasan ini, kita semua bisa menjadi anak yang berbakti kepada ibu bapak untuk meraih keridhoan mereka serta keridhoan Allah subhanahu wa ta’ala.

Dan semoga kita pun dikaruniai anak sholeh sholehah yang memahami Islam dengan baik, serta memiliki akhlak mulia dalam berbakti kepada kita sebagai orang tuanya.

Aamiin yaa robbal ‘alaamiin

Barokallohu fiikum…

 

 

(Dijelaskan oleh Ustadz Abu Abdillah A. Suhandi pada kajian rutin selasa ba’da maghrib, tanggal 22 Agustus 2017 di Mesjid Ash-Shiddiq Bandung).

Catatan :

Bagi antum yang ingin memperdalam ilmu syar’i yang sesuai dengan tuntunan para salafush shalih, silahkan untuk sama-sama menghadiri kajian sunnah Bandung yang rutin diselenggarakan setiap hari ba’da maghrib dan ba’da shubuh di masjid Ash-Shiddiq, Jl. Kebon Gedang Kel. Maleer Kec. Batununggal Kota Bandung.

Untuk informasi lebih lanjut tentang jadwal kajian dan program dakwah yang dijalankan oleh Divisi Dakwah Yayasan Imam Malik Bandung, bisa antum lihat Disini

Incoming search terms:

  • berbakti kepada orang tua dikenal dengan istilah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: