Amalan Yang Mengundang Rahmat Allah #1 : Iman Kepada Allah

Tahukah antum, betapa Rahmat Allah subhanahu wa ta’ala itu sangat luas sekali. Dan sebagai manusia, kita tidak memiliki kemampuan sedikitpun untuk menghitungnya.

Manusia sebagai makhluk yang lemah, tentu tidak bisa berdiri sendiri tanpa adanya pertolongan dan rahmat dari Allah. Buktinya, saat kita terpuruk dan mengalami masalah, pertolongan dan bantuan adalah hal yang sangat diharapkan.

Lalu, maukah kami beritahukan tentang amalan yang bisa mengundang datangnya rahmat Allah, baik di dunia terlebih di akhirat?

Artikel ini akan membahas amalan yang pertama, yakni dengan beriman kepada Allah dengan sebenar benarnya iman.

Dalil yang menjelaskan bahwa dengan iman kepada Allah akan mengundang rahmat-Nya tercantum dalam Al-Qur’an surat An-Nisaa ayat 175 berikut ini :

فَأَمَّا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ بِٱللَّهِ وَٱعْتَصَمُوا۟ بِهِۦ فَسَيُدْخِلُهُمْ فِى رَحْمَةٍ مِّنْهُ وَفَضْلٍ وَيَهْدِيهِمْ إِلَيْهِ صِرَٰطًا مُّسْتَقِيمًا

Adapun orang-orang yang beriman kepada Allah dan berpegang teguh kepada (agama)-Nya niscaya Allah akan memasukkan mereka ke dalam rahmat yang besar dari-Nya (surga) dan limpahan karunia-Nya. Dan menunjuki mereka kepada jalan yang lurus (untuk sampai) kepada-Nya.

Tentang kalimat “Adapun orang orang yang beriman kepada Allah“, menurut Syaikh As-Sa’di, adalah mereka yang mengakui tentang keberadaan Allah subhanahu wa ta’ala, mengakui sifat sempurna yang dimiliki Allah subhanahu wa ta’ala, serta mensucikan Allah dari segala kekurangan.

Kemudian kata, “Dan berpegang teguh kepada-Nya“, dijelaskan pula oleh Syaikh As-Sa’di, bermaksud berlindung sepenuhnya kepada Allah, menyandarkan diri kepada-Nya, serta senantiasa memohon pertolongan Allah subhanahu wa ta’ala.

Dan kalimat selanjutnya, “Niscaya Allah akan memasukkan mereka ke dalam rahmat yang besar dari-Nya (Surga) dan limpahan karunia-Nya“. Maksudnya Allah akan melimpahkan rahmat yang khusus kepada mereka, memberikan taufik sehingga mereka melakukan berbagai kebajikan, memberikan mereka pahala kebaikan, serta menjauhkan dari bencana dan perkara perkara tidak menyenangkan.

Lalu kalimat terakhir, “Dan menunjuki mereka kepada jalan yang lurus (untuk sampai) kepada-Nya“, maksudnya orang orang yang beriman kepada Allah akan diberikan taufik untuk memahami ilmu agama sehingga bisa membedakan antara yang hak dan yang bathil, serta memberikan taufik untuk beramal baik.

Dari penjelasan diatas bisa diambil kesimpulan, orang yang beriman kepada Allah subhanahu wa ta’ala, akan menjadi sebab Allah menurunkan rahmat yang banyak selama hidup di dunia, dimulai dengan memberikan taufik untuk memahami ilmu Agama, memberikannya taufik untuk beramal dengan ilmu tersebut, melimpahkan ketenangan, dan menghindarkan dari hal buruk. Dan di akhirat, Allah pun memberikan rahmat yang paling besar, yaitu diberikan tempat di syurga dengan segala kenikmatannya.

***

Selain dalil diatas, masih ada dalil lain yang menjelaskan bahwa iman kepada Allah merupakan amalan yang mengundang rahmat Allah.

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman :

فَأَمَّا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ وَعَمِلُوا۟ ٱلصَّٰلِحَٰتِ فَيُدْخِلُهُمْ رَبُّهُمْ فِى رَحْمَتِهِۦ ۚ ذَٰلِكَ هُوَ ٱلْفَوْزُ ٱلْمُبِينُ

Adapun orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh maka Rabb mereka memasukkan mereka ke dalam rahmat-Nya (surga). Itulah keberuntungan yang nyata. (Q.S. Al-Jaatsiyah 45 : 30)

Dan Allah subhanahu wa ta’ala berfirman :

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ ٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ وَءَامِنُوا۟ بِرَسُولِهِۦ يُؤْتِكُمْ كِفْلَيْنِ مِن رَّحْمَتِهِۦ وَيَجْعَل لَّكُمْ نُورًا تَمْشُونَ بِهِۦ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ۚ وَٱللَّهُ غَفُورٌ رَّحِيمٌ

Hai orang-orang yang beriman (kepada para rasul), bertakwalah kepada Allah dan berimanlah kepada Rasul-Nya, niscaya Allah memberikan rahmat-Nya kepadamu dua bagian, dan menjadikan untukmu cahaya yang dengan cahaya itu kamu dapat berjalan dan Dia mengampuni kamu. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (Al-Hadid 57:28)

***

Demikianlah penjelasan singkat tentang amalan yang mengundang rahmat Allah #1, yakni iman kepada Allah.

Masihkah antum ragu untuk meningkatkan keimanan kepada Allah subhanahu wa ta’ala? Sebaiknya jangan tunda lagi! Mari sama sama tingkatkan keimanan kepada Allah sehingga kita pantas dan layak untuk mendapatkan rahmat-Nya, baik di dunia terlebih di akhirat.

Mau tahu cara ampuh untuk meningkatkan keimanan kepada Allah subhanahu wa ta’ala? Silahkan baca juga penjelasannya dalam artikel ini

Semoga bermanfaat, barokallohu fiikum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *