Amalan Yang Mengundang Rahmat Allah #3 : Mengikuti Dan Mengamalkan Al-Qur’an

Bismillahirrahmanirrahiim…

Alhamdulillah pada pembahasan kali ini kita sudah sampai pada amalan yang mengundang rahmat Allah nomor ketiga, setelah sebelumnya sudah dibahas amalan nomor kesatu dan kedua.

Urutan nomor ini sebenarnya tidak ada ketentuannya. Hanya saja kami sengaja kasih penomoran supaya materi dan ilmu yang disampaikan tentang amalan yang mengundang rahmat Allah ini bisa tersampaikan dengan maksimal sehingga mudah dimengerti dan difahami.

Baik.. kita langsung saja bahas tentang amalan yang mengundang rahmah Allah subhanahu wa ta’ala selanjutnya, yakni dengan “Mengikuti dan Mengamalkan Al-Qur’an”.

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman :

وَهَٰذَا كِتَٰبٌ أَنزَلْنَٰهُ مُبَارَكٌ فَٱتَّبِعُوهُ وَٱتَّقُوا۟ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ

Dan Al-Quran itu adalah kitab yang Kami turunkan yang diberkati, maka ikutilah dia dan bertakwalah agar kamu diberi rahmat.” (QS. Al-An’am 6:155)

Dalil al-Qur’an ini dijelaskan lebih lanjut oleh Al-‘Allamah as-Sa’di dengan mengatakan, “Dan ini” maksudnya adalah al-Qur’an yang berisi ayat ayat agung serta peringatan yang bijaksana, “adalah kitab yang Kami turunkan dan yang diberkati,” bermaksud didalamnya berisi banyak sekali kebaikan serta ilmu yang sangat melimpah.

Kitab al-Qur’an inilah yang menjadi sandaran atas semua ilmu yang ada, dan daripadanya dikeluarkan berbagai keberkahan. Tak ada sesuatu kebaikan pun, melainkan telah disampaikan dan diperintahkan, serta penjelasan berbagai hikmah dan kemaslahatan yang bisa memotivasi orang yang mengamalkannya pun telah disampaikan didalamnya.

Selain itu, tidak ada suatu keburukan pun melainkan telah tegas dilarang didalamnya, juga menjelaskan tentang berbagai akibat buruk serta sebab sebab yang bisa menjauhkan dari melakukan keburukan tersebut.

Lalu kalimat, “maka ikutilah dia”, maksudnya menjadikan panduan yang terdapat dalam al-Qur’an, baik berupa perintah maupun larangan untuk diikuti dan ditaati, karena itu merupakan firman Allah subhanahu wa ta’ala. Bangun pula pokok pokok agama serta cabang cabangnya di atas landasan al-Qur’an.

Dan bertakwalah”, dengan menjauhi larangan-Nya dan tidak menyelisihi perintah-Nya. “agar kamu”, apabila mengikutinya, “diberi rahmat”.

Jadi, sebab paling besar agar bisa meraih rahmat Allah subhanahu wa ta’ala, adalah dengan mengikuti kitab (al-Qur’an) ini, dalam segi ilmu serta pengamalannya.

***

Demikianlah penjelasan tentang amalan yang mengundang rahmat Allah dengan mengikuti dan mengamalkan al-Qur’an. Namun untuk bisa mengikuti dan mengamalkan, kita harus memahami terlebih dahulu akan kandungan dan isi dari al-Qur’an, yang hanya bisa didapat dengan cara mengkajinya.

Bagi antum yang ingin mempelajari serta memahami al-Qur’an sesuai pemahaman yang benar, Alhamdulillah Yayasan Imam Malik bekerjasama dengan DKM Mesjid Ash-Shiddiq mengadakan kajian rutin Tafsir as-Sa’di setiap hari kamis ba’da shubuh di Mesjid Ash-Shiddiq yang beralamat di Jl. Kebon Gedang Kel. Maleer Kec. Batununggal Kota Bandung.

Mari sama-sama manfaatkan majelis ilmu ini untuk semakin memahamkan tentang kandungan isi al-Qur’an, agar bisa kita ikuti dan amalkan, sehingga akan mengundang datangnya rahmat Allah subhanahu wa ta’ala.

Aamiin yaa robbal ‘aalamiin…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: