Divisi Pendidikan

Yayasan Imam Malik Bandung memiliki perhatian khusus dalam urusan pendidikan. Melihat fenomena generasi muda di masyarakat saat ini yang mulai mengalami penurunan kualitas dalam berbagai segi kehidupannya, mulai dari akhlak, pemahaman, pola fikir, dan yang lainnya.

Selain itu, kurangnya dasar ilmu untuk memahami agama Islam dengan benar membuat semakin banyaknya kekeliruan serta syubhat yang merasuki umat Islam, sehingga menyebabkan semakin jauhnya manusia dari agamanya.

Dari kenyataan tersebut, Divisi Pendidikan Yayasan Imam Malik Bandung mulai berkonsentrasi untuk merancang sebuah sistem pendidikan yang mudah mudahan bisa membantu menanamkan nilai nilai positif untuk para generasi muda, sehingga memiliki bekal yang cukup untuk menghadapi problematika hidup yang akan dijalaninya di masa depan.

Beberapa program Divisi Pendidikan yang sudah terselenggara sejak beberapa tahun yang lalu adalah hadirnya Sekolah Dasar Islam Tahfidzul Qur’an (SDITQ) Imam Malik Bandung dan Lembaga Pendidikan Bahasa Arab (LPBA) Imam Malik Bandung.

Dan ada sebuah kabar gembira yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini, yakni mulai tahun pelajaran 2018 – 2019, Divisi Pendidikan Yayasan Imam Malik Bandung sudah mulai mendirikan lembaga pendidikan tingkat lanjutan (SMP / Mts) untuk memfasilitasi para orang tua murid yang ingin mempercayakan pendidikan anak-anaknya setelah lulus dari tingkat Sekolah Dasar (SD).

Dan insya Allah di awal tahun 2020, Divisi Pendidikan Yayasan Imam Malik Bandung pun akan mulai menggerakkan kembali sebuah lembaga yang bergerak dalam pendidikan tahfidz khusus anak usia SD secara intensif, yakni Lembaga Tahsin & Tahfidz Al-Qur’an (LTTQ), yang sejak tahun 2018-2019 terhenti sementara dikarenakan ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu, baik dari segi kurikulum pengajaran maupun tenaga pengajar.

Jadi, secara umum ada 4 lembaga pendidikan yang bernaung di bawah Divisi Pendidikan Yayasan Imam Malik Bandung saat ini, yakni :

  1. Sekolah Dasar Islam Tahfidzul Qur’an (SDITQ) Imam Malik Bandung
  2. Sekolah Menengah Pertama Islam Tahfidzul Qur’an (SMPITQ) Imam Malik Bandung
  3. Lembaga Pendidikan Bahasa Arab (LPBA) Imam Malik Bandung
  4. Lembaga Tahsin & Tahfidz Al-Qur’an (LTTQ) Imam Malik Bandung

Semua lembaga pendidikan di atas, melakukan kegiatan belajar mengajar di sekitar Jl. Kebon Gedang Kelurahan Maleer Kecamatan Batununggal Kota Bandung dengan memanfaatkan sarana masjid Ash-Shiddiq serta beberapa bangunan sewa yang masih belum menyatu, dikarenakan belum adanya fasilitas belajar milik sendiri untuk menampung semua lembaga yang tergabung dalam divisi pendidikan Yayasan Imam Malik Bandung.

Setelah berdo’a kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala, sang pemilik yang hakiki, kami pun memohon do’a dan dukungan dari semua pihak, agar Yayasan Imam Malik Bandung bisa segera merealisasikan salah satu programnya, yakni untuk membebaskan lahan & bangunan yang akan digunakan untuk menampung berbagai kegiatan dari lembaga-lembaga di atas.

Informasi lebih lanjut tentang program Pembebasan Lahan & Bangunan untuk Ma’had Imam Malik Bandung bisa dipelajari dalam postingan ini.

 

***

 

Demikianlah bidang garapan yang saat ini tengah dijalankan oleh Divisi Pendidikan Yayasan Imam Malik Bandung. Besar harapan kami agar fasilitas berupa lembaga pendidikan yang insyaa Allah sesuai sunnah ini bisa memberikan manfaat bagi umat Islam di Bandung pada khususnya, dan umumnya untuk seluruh umat Islam dimanapun berada.

Kami pun membuka kesempatan yang selebar-lebarnya bagi Antum yang ingin berpartisipasi untuk mendukung program kerja Yayasan Imam Malik Bandung, khususnya di Divisi Pendidikan, bisa menyumbangkan kontribusi baik moril maupun materil, yang tentunya akan sangat bermanfaat bagi kelancaran kegiatan dan aneka proses pembelajaran yang diselenggarakan.

Informasi lebih lanjut tentang cara ber-donasi dan ber-kontribusi bisa dibaca penjelasan lebih lanjutnya di HALAMAN INI.