Dimana Bisa Belajar Bahasa Arab di Bandung Setiap Hari?

Belajar bahasa Arab memerlukan sebuah upaya yang intensif dan berkelanjutan! Sebab Belajar bahasa Arab lebih rumit, kompleks, serta tidak seperti mempelajari bahasa lainnya, mulai dari variasi kosa kata, uslub kalimat, kaidah aturan yang berlaku, dan lain sebagainya. Oleh karenanya, jika ingin menguasai dan memahami bahasa Arab dengan relatif cepat dan efektif, diperlukan upaya untuk belajar bahasa Arab setiap hari.

Lalu dimana bisa belajar bahasa Arab di Bandung yang pembelajarannya dilakukan setiap hari? Minimal setiap hari senin sampai jum’at dengan durasi waktu sekitar 90 – 120 menit setiap pertemuannya?

Jawabannya akan Antum temukan disini! Yang tentunya jika fasilitas dari lembaga pendidikan bahasa Arab ini dimanfaatkan dengan baik dan penuh keseriusan serta niat ikhlas karena Allah subhanahu wa ta’ala, Insyaa Allah cukup dalam 4 mustawa (semester) saja, antum sudah bisa menguasai bahasa Arab.

 

Manfaat Mempelajari Bahasa Arab

 

manfaat belajar bahasa arab

 

Kalau ditanya tentang manfaat belajar bahasa Arab, maka ada banyak sekali manfaat yang bisa didapat! Namun untuk kali ini, kami akan memberikan beberapa diantaranya, yakni :

 

  1. Bahasa Arab adalah Bagian Dari Ilmu Syar’i

Ada pembeda yang signifikan antara ilmu dunia dan ilmu syar’i. Ilmu dunia adalah segala pengetahuan tentang hal hal yang bermanfaat untuk dunia saja, sedangkan ilmu syar’i adalah segala pengetahuan yang akan bermanfaat di dunia serta di akhirat. Dan bahasa Arab merupakan salah satu ilmu syar’i yang dengannya seorang manusia bisa lebih memahami Firman Allah subhanahu wa ta’ala dan Sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wassalaam.

Ilmu dunia baru akan bernilai manfaat, apabila bisa memberikan manfaat untuk dirinya serta orang lain ketika ilmu tersebut DIAMALKAN.

Ilmu syar’i sudah bernilai manfaat bagi diri penuntut ilmunya sejak ilmu tersebut DIPELAJARI, kemudian akan bernilai manfaat ketika DIAMALKAN untuk dirinya dan orang lain. Dan terakhir ilmu syar’i tersebut akan menjadi salah satu PENOLONG yang memberikan keberuntungan dalam kehidupan akhirat.

Oleh karenanya, manfaat mempelajari bahasa Arab lebih utama daripada ilmu dunia, karena Bahasa Arab merupakan bagian dari ilmu syar’i. Dan kebaikan pahalanya akan didapat sejak kita mempelajarinya.

 

  1. Bahasa Arab adalah bahasa Al-Qur’an dan Hadits

Dengan memahami bahasa Arab, kaidahnya, serta menguasai cara menterjemahkan setiap kata dan kalimat, kemudian meyimpulkan makna yang disampaikan dengan tepat, maka kita akan lebih mendalami isi dan kandungan Al-Qur’an dan Hadits sehingga bisa lebih dihayati dan lebih maksimal dalam pengamalannya.

Hasil dan interpretasi ketika membaca dan mempelajari isi kandungan Al-Qur’an dan Hadits antara orang yang menguasai bahasa Arab dengan yang tidak tahu sama sekali tentu akan berbeda satu sama lain.

 

Itulah 2 manfaat yang bisa didapatkan oleh orang yang mau berusaha untuk mempelajari Bahasa Arab. Sebetulnya masih banyak manfaat lain yang kalau dijelaskan bisa membuat artikel ini panjang sampai beberapa halaman. Namun semoga dengan 2 poin di atas pun, antum sudah mendapatkan gambaran tentang alasan kenapa kita sebagai umat Islam harus mempelajari bahasa Arab.

 

Lembaga Belajar Bahasa Arab di Bandung

Baik, kita langsung saja menuju pembahasan utama artikel ini, yakni informasi tentang lembaga belajar bahasa Arab di Bandung yang proses belajar mengajarnya dilangsungkan setiap hari (senin sampai jum’at).

Yayasan Imam Malik Bandung yang berlokasi di Jl. Kebon Gedang No. 93 RT. 002 RW. 010 Desa Maleer Kecamatan Batununggal Kota Bandung 40274 sejak tahun 2014 telah menyelenggarakan sebuah lembaga yang bergerak dalam pendidikan Bahasa Arab.

Lembaga tersebut bernama Lembaga Pendidikan Bahasa Arab Imam Malik Bandung atau yang biasa disingkat dengan LPBA Imam Malik Bandung.

 

divisi pendidikan imam malik

 

Selain LPBA Imam Malik Bandung sebagai sarana belajar bahasa arab di Bandung yang dikhususkan bagi orang dewasa, ada juga sekolah yang memiliki kurikulum pembelajaran bahasa Arab untuk yang dikhususkan untuk siswa siswa SD sebagaimana yang diajarkan di SDITQ Imam Malik Bandung.

 

Materi Pembelajaran di LPBA Imam Malik Bandung

 

belajar menulis bahasa arab

 

LPBA Imam Malik Bandung memiliki fokus pengajaran utama dalam bidang “Penguasaan Membaca Kitab Gundul”, namun demikian masih banyak materi lain yang diajarkan disini, antara lain :

 

  1. Praktek Khiwar (Percakapan),
  2. Pengenalan Mufrodat (Kosa Kata),
  3. Komunikasi Bahasa Arab (Berbicara dan Mendengarkan),
  4. Ilmu Tashrif (Mengganti susunan kalimat untuk merubah makna),
  5. Ilmu Nahwu (Cara menentukan harakat di ujung kalimat untuk diketahui maknanya),
  6. Teknik I’rob (Menjabarkan setiap kalimat untuk diketahui maknanya, agar didapatkan kesimpulan tepat),
  7. Belajar menulis Arab,
  8. Tahsin dan pelafalan bahasa Arab sehingga tepat dalam hal makhorijul huruf dan cara membacanya,
  9. Dan lain sebagainya.

 

Proses KBM di LPBA Imam Malik Bandung

Semua materi yang diuraikan di atas tentu memerlukan usaha intensif agar bisa mendapatkan hasil maksimal sesuai dengan yang diharapkan. Dan LPBA Imam Malik Bandung memahami hal ini, sehingga menyusun sebuah strategi proses belajar mengajar agar bisa mewujudkan hasil belajar yang optimal, yaitu :

 

  1. Pembelajaran berlangsung mulai Senin sampai Jum’at,
  2. Pembelajaran berlangsung selama 90 sampai 120 menit untuk setiap pertemuannya,
  3. Pembelajaran dilakukan dengan 30% pemberian materi serta teori, dan 70% lagi berupa praktek langsung. (Percakapan, menulis, mentashrif, menentukan susunan kalimat, dan lain lain),
  4. Pembelajaran dilakukan di waktu senggang sebagian besar masyarakat Bandung, yakni Ba’da Isya sampai dengan pukul 21.00 WIB,
  5. Latihan dan PR tiap akhir pertemuan untuk melatih pemahaman yang didapatkan selama pembelajaran, untuk di evaluasi keesokan harinya,
  6. Pembelajaran berlangsung selama 4 mustawa, dimana setiap 1 mustawa dilaksanakan dalam tempo 6 bulan,
  7. Setiap 6 bulan sekali, siswa menjalani proses evaluasi untuk menentukan apakah berhak untuk melanjutkan ke mustawa selanjutnya atau mengulang di mustawa sebelumnya.

 

Para siswa yang konsisten menjalankan proses KBM di LPBA Imam Malik Bandung selama 4 mustawa, insya Allah akan memiliki kemampuan Bahasa Arab yang berguna untuk kehidupannya. Khususnya untuk mendalami isi kandungan al-Qur’an, untuk mendalami kandungan Hadits, untuk mempelajari dan memahami kitab para ulama salaf dari sumber aslinya yang berbahasa Arab, serta untuk pengamalan sehari hari ketika kita perlu berkomunikasi dalam bahasa Arab. Yang tentunya itu semua bisa kita ajarkan lagi kepada orang lain, untuk menambah nilai manfaat dari ilmu yang dimiliki.

 

Tenaga Pendidik Bahasa Arab di LPBA Imam Malik Bandung

Belajar sebuah ilmu tentu akan lebih maksimal hasilnya apabila kita belajar langsung dari ahlinya, atau orang yang pernah belajar di lembaga kompeten yang terkenal dengan pelajaran bahasa Arabnya, seperti al-Imarot Bandung dan LIPIA Jakarta.

LPBA Imam Malik Bandung menyediakan tenaga pendidik yang kompeten dengan latar belakang pendidikan tersebut, yakni al-Imarot dan LIPIA.

Kurikulum dan sistem pembelajaran di LPBA Imam Malik pun sedikit banyak menggunakan teknik pengajaran yang diajarkan di al-Imarot dan LIPIA, tentunya dengan berbagai kekurangan, tetapi juga dengan berbagai kelebihan tersendiri yang akan menjadikan proses belajar mengajar lebih efektif, lebih mudah dicerna oleh siswa pemula sekalipun, tanpa mengesampingkan tujuan yang ingin dicapai.

 

Biaya Belajar Bahasa Arab di LPBA Imam Malik Bandung

LPBA Imam Malik Bandung membuka pendaftaran siswa baru setiap 6 bulan sekali. Yakni setiap bulan Januari dan bulan Juli.

Siswa baru akan mulai belajar di Mustawa Awal, dan siswa yang lulus ujian mustawa Awal akan melanjutkan pendidikannya di Mustawa Tsani, Mustawa Tsalist hingga Mustawa Robi’. Dan setelah selesai belajar di Mustawa terakhir (Robi’), siswa yang lulus ujian akan mendapatkan SERTIFIKAT dari LPBA Imam Malik Bandung.

Informasi tentang pembukaan pendaftaran siswa baru, akan diumumkan di Fanpage Ma’had Imam Malik Bandung serta Grup Whatsapp Imam Malik Bandung.

(Semua informasi terbaru dari Yayasan Imam Malik Bandung dan LPBA Imam Malik Bandung akan diinformasikan di dua media sosial tersebut)

 

Adapun biaya belajar bahasa Arab di LPBA Imam Malik Bandung adalah sebagai berikut :

 

  1. Pendaftaran : Rp. 150.000,- (seratus lima puluh ribu rupiah).
  2. Infaq Bulanan (tidak ditentukan besarannya dan bisa dibayarkan sesuai kemampuan), yang dibayarkan maksimal tanggal 10 setiap bulannya.

 

Biaya di atas belum termasuk kitab penunjang belajar seperti kitab Tashrif, kitab Nahwu, kitab I’rob, kutaib untuk melatih teknik membaca, dan kitab lain yang digunakan selama proses pembelajaran.

Bagi siswa yang membutuhkan kitab penunjang belajar, Yayasan Imam Malik Bandung melalui salah satu lembaga usaha yang bergerak di bidang toko online, yakni MIMBA Store menyediakan berbagai kitab penunjang belajar serta kitab para ulama lainnya yang biasa digunakan dalam proses pembelajaran di LPBA Imam Malik Bandung serta kajian rutin di Masjid Ash-Shiddiq Bandung.

 

***

 

Demikianlah informasi tentang lembaga yang bisa Anda manfaatkan untuk belajar bahasa Arab di Bandung setiap hari. Semoga fasilitas LPBA Imam Malik Bandung yang sengaja disediakan oleh Yayasan Imam Malik Bandung ini bermanfaat untuk warga Bandung pada khususnya, yang ingin memahami dan mendalami bahasa agamanya, yakni bahasa Arab.

 

 

Semoga bermanfaat…

Barokallahu fiikum…

Incoming search terms:

  • kursus bahasa arab di bandung
  • kursus bahasa arab gratis di bandung
  • belajar bahasa arab bandung 2018
  • https://yandex ru/clck/jsredir?from=yandex ru;search;web;;&text=&etext=1830 Qg02BKHHGUvNIG6pgZqjbVjw49cu2kRX9ipCmy0fNCWYaekmSYklcPiMZmCEzj_h e78cffd1153f87eceeb212ba66bc868187ce4c18&uuid=&state=_BLhILn4SxNIvvL0W45KSic66uCIg23qh8iRG98qeIXme
  • keistimewaan bahasa arab
  • mahad di babdung bahasa arab gratis 2018
  • sekolah bahasa arab mariot bandung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: