Kajian Rutin Tahsin Al-Qur’an Ma’had Imam Malik Bandung

Memiliki kualitas bacaan Al-Qur’an yang baik dan benar adalah suatu hal yang harus menjadi keinginan setiap muslim. Karena dengan kemampuan bacaan seperti itu, akan memberikan manfaat yang sangat banyak, baik dalam kehidupan sehari hari maupun dalam hal ibadah.

Sebagai imam sholat misalnya, membaca Al-Fatihah dengan baik dan benar termasuk rukun yang harus dipenuhi. Yang semakin baik bacaan Al-Fatihahnya, menjadi salah satu penentu semakin besarnya kemungkinan ibadah sholat tersebut diterima oleh Allah subhanahu wa ta’ala.

Selain dalam urusan sholat, masih banyak lagi faidah lain yang bisa didapat apabila kita bisa membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar.

Oleh karenanya, penting bagi kita untuk senantiasa belajar memperbaiki bacaan agar sesuai dengan kaidah tajwid dan pelafalan huruf (makhroj). Upaya untuk memperbaiki kualitas bacaan sesuai dengan ketentuan tersebut dikenal dengan sebutan Tahsinul Qur’an.

Divisi Pendidikan Yayasan Imam Malik Bandung menyediakan sarana bagi kaum muslimin untuk belajar Tahsin Al-Qur’an secara rutin dan berkesinambungan. Karena tahsinul qur’an tidak bisa dilakukan hanya dengan 1 atau 2 kali pembelajaran, akan tetapi harus dilakukan secara terus menerus hingga pelafalan huruf serta tajwid saat membaca Al-Qur’an bisa semakin fasih dan terasah.

Bagi antum yang ingin mengikuti kajian rutin Tahsin Al-Qur’anYayasan Imam Malik Bandung bekerjasama dengan DKM Ash-Shiddiq secara rutin menyelenggarakan kajian tahsin al-Qur’an dengan “Metode Asy-Syafi’i” setiap hari ahad, yang berlangsung mulai dari ba’da maghrib sampai dengan selesai. Adapun pemateri yang mengisi kajian rutin Tahsin Al-Qur’an ini adalah Al Ustadz Rully Abu Husna (hafizhahullah).

Untuk informasi lebih lanjut, keterangannya bisa dilihat pada gambar dibawah ini :

 

kajian tahsin al-qur'an

 

Kajian tahsin terbuka untuk umum (khusus ikhwan). Silahkan antum yang berminat untuk memperbaiki bacaan al-Qur’an agar bisa sesuai dengan kaidah bacaan yang baik dan benar, untuk sama sama mengikuti kajian ini.

Semoga, sarana belajar yang Yayasan Imam Malik Bandung dan DKM Mesjid Ash-Shiddiq ini bisa membantu banyak muslimin agar lebih baik bacaan Al-Qur’annya.

Aamiin yaa robbal ‘alamiin…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: