Laporan Wakaf Donasi Peralatan Dakwah Yayasan Imam Malik Bandung

Bismillah…

Dalam kesempatan kali ini, kami ingin menginformasikan tentang laporan terbaru dari program wakaf donasi pembelian peralatan dakwah di Yayasan Imam Malik Bandung. Alhamdulillah sejak dibuka bulan November 2018 lalu, sampai saat ini sudah terkumpul hasil donasi yang Alhamdulillah sudah membantu Yayasan Imam Malik Bandung memiliki peralatan dakwah yang perlu segera disediakan, seperti kamera, tripod, unit komputer untuk editing, dan lain sebagainya.

Berikut adalah beberapa peralatan yang sudah tersedia di Yayasan Imam Malik Bandung yang sudah kami manfaatkan untuk meracik dan menyebarkan konten-konten Islami dari berbagai kegiatan dakwah yang diselenggarakan di lingkungan Ma’had Imam Malik Bandung :

 

 

aksesoris shooting

komputer untuk editing

kamera untuk recording

monitor editing

Laporan dana yang terkumpul hingga artikel ini dimuat adalah sebesar Rp. 18.505.000, atau sekitar 77,4% dari target dana yang dibutuhkan sebesar Rp. 23.900.000,-. Dana tersebut sudah langsung dialokasikan untuk membeli peralatan-peralatan di atas, dengan rincian sebagai berikut :

  • 1 unit Kamera merk Panasonic HC MDH 3 seharga Rp. 11.499.000,-
  • 1 unit Shotgun Mic merk Boya BM-PVM1000 seharga Rp. 798.000,-
  • 1 buah Tripod merk Somita ST650 seharga Rp. 1.118.000,-
  • 1 buah Memory Sandisk 16 GB seharga Rp. 75.000,-
  • 1 CPU (Processor Rzen 3 22006, RAM 8 GB, HD 500 GB, Case Trition) seharga Rp. 4.950.000,-
  • 1 set Keyboard Mouse seharga Rp. 65.000,-

 

Total harga pembelanjaan barang yang dibeli Rp. 18.505.000,-

 

Kami meminta maaf apabila dalam teknis pembelian peralatannya ada beberapa hal yang tidak sesuai dengan rencana pembelian peralatan sebagaimana yang diinformasikan pada waktu pembukaan program donasi wakaf peralatan dakwah ini. Hal ini dilakukan dengan mempertimbangkan segala hal agar bisa mendapatkan peralatan dakwah terbaik. Sebagai contoh, rencananya kami akan membeli kamera Lumix G7 dengan harga 8 jutaan untuk kebutuhan shooting, namun karena ada kebutuhan lain yang membutuhkan fitur lain dalam hal shooting, maka kami putuskan untuk membeli kamera merk Panasonix HC MDH 3 dengan harga 11 jutaan, tentunya dengan fitur dan performa yang lebih tepat dan sesuai dengan kebutuhan team media kami.

Dan selain donasi berbentuk uang tunai, Yayasan Imam Malik Bandung pun telah menerima donasi berupa peratalan-peralatan yang kami butuhkan. Berikut adalah rincian peralatan yang diterima :

  • 1 unit Monitor Samsung 29 inchi
  • 1 unit Monitor LG 19 inchi
  • 1 unit Monitor Polytron 22 inchi
  • 1 buah Tripod Yunite 3310
  • 1 buah Stand Mic
  • 1 buah Tripod Gurita

 

Kami ucapkan terima kasih banyak kepada para donatur yang telah menyisihkan sebagian dari hartanya baik berupa uang tunai maupun berupa peralatan untuk disalurkan dalam program wakaf peralatan dakwah Yayasan Imam Malik Bandung.

Jazakumullahu khoiroon…

Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan yang telah diberikan dengan balasan yang berlipat ganda, serta menjadi wasilah untuk mendapatkan keridhoan serta pahala jariyah yang tiada terputus melalui konten-konten dakwah yang kami sebarkan kepada umat Islam di Bandung pada khususnya, serta di seluruh Indonesia pada umumnya.

Sebagaimana hadits yang diriwayatkan dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَنْهُ عَمَلُهُ إِلا مِنْ ثَلاثَةٍ : إِلا مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ ، أَوْ عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ ، أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

“Jika manusia mati, maka terputuslah amalnya kecuali tiga perkara: (1) sedekah jariyah, (2) ilmu yang diambil manfaatnya, (3) anak shalih yang selalu didoakan orang tuanya.”

(HR. Muslim, no. 1631)

 

Wakaf merupakan Sedekah Jariyah. Sedekah berasal dari kata “shodaqatun” artinya sedekah, derma atau pemberian. Sedangkan jariyah artinya mengalir. Dengan demikian sedekah jariyah adalah memberikan harta/benda untuk kepentingan umum yang dapat dimanfaatkan secara terus menerus dengan niat ikhlas semata-mata karena Allah SWT.

Dan sarana peralatan dakwah yang sudah tersedia di Yayasan Imam Malik Bandung hasil dari donasi wakaf peralatan dakwah ini insyaa Allah menjadi amanat kami agar bisa dimanfaatkan dalam rangka membuat berbagai konten islami yang bisa memberikan faidah ilmu bagi setiap orang yang menontonnya, sehingga menjadi wasilah bagi para donatur dalam menunjukkan kebaikan serta turunnya hidayah dan taufik dari Allah Subhanahu wa Ta’ala kepada mereka, insyaa Allah.

Imam Muslim meriwayatkan dalam kitab Shahih-nya, hadits dari sahabat Uqbah bin ‘Amr bin Tsa’labah radhiallahu’anhu, bahwa Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda :

 

من دَلَّ على خيرٍ فله مثلُ أجرِ فاعلِه

Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya

(HR. Muslim no. 1893).

 

Demikian laporan tentang penerimaan donasi wakaf peralatan dakwah Yayasan Imam Malik Bandung yang bisa kami informasikan. Hingga saat ini, Alhamdulillah sudah ada beberapa konten Islami yang kami hasilkan untuk Anda nikmati dan manfaatkan, sebagaimana yang terlihat pada gambar di bawah ini :

 

saluran youtube mimba tv

 

Dengan berakhirnya informasi laporan ini, maka kami umumkan bahwa Program Donasi Wakaf Peralatan Dakwah Yayasan Imam Malik Bandung telah RESMI DITUTUP. Jazakumullahu khoiroon atas partisipasinya selama ini, dan nantikan program donasi dan wakaf lainnya untuk dimanfaatkan dalam rangka “Berlomba-lomba dalam kebaikan”.

 

Barokallahu fiikum…

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: