Mari…! Berbagi Faedah Ilmu Melalui Tulisan

Ingin berbagi faedah ilmu kepada saudara-saudara kita dimana saja?

Ingin mendapatkan amal jariyah yang pahalanya terus mengalir bahkan setelah kita meninggal dunia sekalipun?

Ingin menunaikan kewajiban untuk saling menasehati dalam kebaikan, dan saling nasehat-menasehati dalam kesabaran sebagaimana yang diterangkan dalam Al-Qur’an surat al-Ashr?

Ingin mengikuti Nabi Muhammad shallallahu’alaihi wassalaam untuk menyampaikan Sunnahnya walau satu ayat?

***

Mari… wahai ikhwah fillah dimanapun berada…!

Kita berbagi faedah ilmu melalui tulisan yang akan dipublikasikan di website Malik.or.id, sebagai bahan bacaan dan informasi syarat ilmu untuk setiap orang yang berkunjung ke halaman website Malik.or.id.

 

Sekilas Tentang Malik.or.id

Malik.or.id adalah portal website yang dikelola oleh Yayasan Imam Malik Bandung sebagai sarana berbagi informasi tentang program kerja yayasan, jadwal kajian sunnah Bandung yang diselenggarakan di mesjid Ash-Shiddiq, serta berbagai artikel Islam bermanfaat yang sesuai dengan Al-Qur’an dan Sunnah.

Saat ini, pengelolaan website masih dipegang oleh satu orang saja. Tentunya, begitu banyak keterbatasan yang membuat manfaat website Malik.or.id ini jauh dari kata sempurna, terutama dalam pemberian faedah ilmu yang ingin disampaikan. Sementara niat kami dalam syi’ar dakwah teramat besar untuk menginformasikan serta mengajak segenap umat Islam agar bisa kembali kepada syari’at Islam yang sesuai Al-Qur’an dan Sunnah.

Oleh karenanya, kami dari Yayasan Imam Malik Bandung mengajak segenap kaum muslimin untuk sama-sama berbagi faedah ilmu berupa tulisan yang insyaa Allah akan ditampilkan dan dipublikasikan di website Malik.or.id.

 

Keutamaan Berbagi Ilmu

Kalau diuraikan satu persatu, ada banyak sekali keutamaan yang bisa didapat bagi siapapun yang bersedia untuk berbagi ilmu. Berikut adalah beberapa keutamaan berbagi ilmu tersebut :

  • Mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya

Dari Abu Mas’ud Uqbah bin Amir Al Anshari radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

 

مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِهِ

Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya.” (HR. Muslim no. 1893).

 

Dalil di atas mengabarkan kepada kita tentang keutamaan berbagi ilmu.

Dengan menunjukkan kebaikan pada saudara-saudari kita, maka setiap kali orang yang mendapatkan faedah dari ilmu yang kita bagikan, kemudian mereka mengamalkannya, maka insyaa Allah kita akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya.

 

  • Bentuk amar ma’ruf nahi munkar untuk mendapat Rahmat Allah

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman,

 

وَالْمُؤْمِنُونَ وَالْمُؤْمِنَاتُ بَعْضُهُمْ أَوْلِيَآءُ بَعْضٍ يَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنكَرِ وَيُقِيمُونَ الصَّلاَةَ وَيُؤْتُونَ الزَّكَاةَ وَيُطِيعُونَ اللهَ وَرَسُولَهُ أُوْلاَئِكَ سَيَرْحَمُهُمُ اللهُ إِنَّ اللهَ عَزِيزٌ حَكِيمُُ

“Dan orang-orang yang beriman, lelaki dan perempuan, sebagian mereka (adalah) menjadi penolong sebagian yang lain. Mereka menyuruh (mengerjakan) yang ma’ruf, mencegah dari yang mungkar, mendirikan shalat, menunaikan zakat dan mereka ta’at kepada Allah dan Rasul-Nya. Mereka itu akan diberi rahmat oleh Allah; Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana”.[At-Taubah:71]

 

 

  • Saling nasehat-menasehati dalam kebenaran dan kesabaran

Allah Ta’ala berfirman,

 

وَالْعَصْرِ (1) إِنَّ الْإِنْسَانَ لَفِي خُسْرٍ (2) إِلَّا الَّذِينَ آَمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ

Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.” (QS. Al ‘Ashr: 1-3).

 

 

Bagaimana Cara Berbagi Faedah Ilmu?

Ada banyak cara untuk berbagi faedah ilmu, diantaranya dengan memberikan pengajaran melalui teladan baik untuk dicontoh oleh orang lain, menyampaikan secara lisan, serta bisa juga melalui tulisan.

Diantara 3 cara berbagi faedah ilmu di atas, menyampaikan ilmu dan kebenaran melalui TULISAN adalah cara paling mudah yang bisa kita upayakan. Hal tersebut tidak mengurangi keutamaan berbagi ilmu yang disampaikan, terlebih jika tulisan tersebut bisa dipertanggungjawabkan dan dibaca oleh banyak orang.

Oleh karenanya, janganlah kita ragu untuk menuangkan pengetahuan dan ilmu yang sudah kita dapatkan ke dalam sebuah tulisan untuk dibagikan kepada saudara-saudari kita!

 

Bagaimana Jika Ingin Menyumbangkan Tulisan?

Bagi antum yang tertarik untuk :

  • Mendapatkan berbagai keutamaan berbagi ilmu,
  • Mendukung program dakwah dan syi’ar Islam, dan
  • Mengharapkan keridhoan Allah subhanahu wa ta’ala dengan menjadi manusia yang bermanfaat untuk sesama

Maka bergabunglah menjadi kontributor tulisan (artikel Islami atau umum) untuk dipublikasikan di website Malik.or.id.

Tulisan yang dibuat sebaiknya Anda ketik sendiri dengan merujuk pada sumber-sumber shahih yang bisa dipertanggungjawabkan. Apabila antum mengambil sebagian materi dari buku, kitab ulama, atau karya tulis karya orang lain, sebaiknya cantumkan pula sumber yang dijadikan rujukannya (judul, pengarang dan halamannya).

Insyaa Allah setiap tulisan yang dipublikasikan berpotensi untuk dibaca oleh banyak orang di mana saja.

 

Cara Untuk Mengirimkan Tulisan

Berikut cara yang bisa antum tempuh untuk menyumbangkan tulisan ke Malik.or.id :

  • Silahkan buat tulisan dalam bentuk file dokumen Word,
  • Kirimkan ke email mahadimammalik@gmail.com,
  • Jika sudah silahkan konfirmasi via WA ke nomor 0812-2015-5557.

Admin Malik.or.id akan memeriksa tulisan antum dan diajukan ke bagian publikasi.

Tulisan yang sudah diperiksa akan langsung dipublikasikan di website Malik.or.id dengan mencantumkan nama antum di bagian bawah tulisan.

Tulisan antum tersebut pun dibagikan pula di Fanpage Mahad Imam Malik Bandung, serta akun Instagram Imam Malik Bandung & MIMBA Groups, serta grup WA Imam Malik Bandung.

(Secara terbuka kami berikan kewenangan bagi siapapun yang membaca tulisan antum untuk ikut membagikannya kepada orang-orang yang dikenalnya, baik melalui akun sosial media pribadi miliknya atau dengan cara lainnya)

Dengan semua upaya tersebut, insyaa Allah menjadi jalan yang akan menjadikan tulisan antum berpotensi untuk dibaca oleh banyak orang dan diambil faedah serta manfaatnya.

 

***

 

Demikian informasi tentang ajakan untuk sama-sama berbagi faedah ilmu di website Malik.or.id. Besar harapan kami ajakan ini mendapat perhatian dan antusias maksimal dari antum semua, sehingga akan banyak tulisan yang masuk ke email kami untuk dipublikasikan dan dibagikan.

Semoga niat baik kita semua ini senantiasa berada dalam keridhoan dan pertolongan Allah subhanahu wa ta’ala, serta bisa menjadi bekal akhirat yang akan digantikan dengan rahmat dan karunia Allah subhanahu wa ta’ala. Aamiin yaa robbal ‘alaamiin…

Akhir kata, mari berbagi faedah ilmu melalui tulisan yang bermanfaat… Barokallahu fiikum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: