5 Alasan Penting Kenapa Harus Belajar Bahasa Arab

Artikel kali ini akan menjelaskan tentang 5 alasan penting kenapa kita sebagai umat Islam harus belajar Bahasa Arab

Dengan mengetahui kelima alasan penting kenapa harus belajar Bahasa Arab ini, mudah mudahan bisa membuka wawasan kita terhadapnya, serta bisa memotivasi kita semua agar segera berlomba lomba memanfaatkan waktu yang masih Allah karuniakan untuk segera mempelajari dan mendalami bahasa Arab.

Baik, tanpa perlu panjang lebar lagi. Berikut adalah 5 alasan penting kenapa harus belajar bahasa Arab yang dimaksud :

 

Bahasa Arab Adalah Bahasa Yang Paling Mulia

Jika ditanyakan kepada masyarakat umum, bahasa apa yang paling mulia di dunia ini? Maka jawabannya akan sangat variatif, dengan berbagai alasan dan pertimbangan yang dimiliki oleh masing masing orang.

Namun bagi umat Islam, kita harus faham dan tahu bahwa bahasa yang paling mulia di dunia ini adalah Bahasa Arab!

Hal inilah yang dikemukakan oleh Imam Ibnu Katsir :

 

فلهذا أنزلَ أشرف الكتب بأشرف اللغات، على أشرف الرسل، بسفارة أشرف الملائكة، وكان ذلك في أشرف بقاع الأرض، وابتدئ إنزاله في أشرف شهور السنة وهو رمضان، فكمل من كل الوجوه

Karena Al-Qur’an adalah kitab yang paling mulia, diturunkan dengan bahasa yang paling mulia, diajarkan pada Rasul yang paling mulia, disampaikan oleh malaikat yang paling mulia, diturunkan di tempat yang paling mulia di muka bumi, diturunkan pula di bulan yang mulia yaitu bulan Ramadhan. Dari berbagai sisi itu, kita bisa menilai bagaimanakah mulianya kitab suci Al-Qur’an.”

 

Bahasa Arab Adalah Bahasa Al-Qur’an

Al-Qur’an adalah pegangan utama umat Islam. Al-Qur’an diturunkan dalam bahasa Arab dengan susunan bahasa indah dan sistematis yang tidak ada suatu makhluk pun yang bisa mengimbanginya, walaupun hanya beberapa kata.

Adapun dalil yang menyebutkan bahwa bahasa Arab adalah bahasa Al-Qur’an, bisa dilihat dalam firman Allah dibawah ini :

 

وَكَذَلِكَ أَنْزَلْنَاهُ حُكْمًا عَرَبِيًّا

Dan demikianlah, Kami telah menurunkan Al Quran itu sebagai peraturan (yang benar) dalam bahasa Arab.” (QS. Ar-Ra’du: 37)

 

Dengan fakta tersebut, maka bisa dikatakan bahwa Bahasa Arab adalah Bahasa Al-Qur’an. Dan untuk memberikan pemahaman dan penjelasan yang lebih sempurna, maka penguasaan bahasa Arab adalah sebuah kemestian bagi seluruh umat Islam. Dengan demikian, maka segala panduan yang disampaikan dalam Al-Qur’an bisa difahami dan dimengerti dengan lebih baik apabila kita mengerti tentang kaidah bahasa Arab.

 

Memudahkan Untuk Menghafal, Memahami dan Mengamalkannya

Ketika kita mengerti sebuah bahasa, maka saat ingin menghafal dan memahaminya, maka prosesnya akan lebih mudah dibandingkan jika kita ingin menghafal dan memahami kalimat kalimat dengan bahasa yang tidak difahami.

Sebagai muslim sejati, menjadi seorang penghafal Al-Qur’an (hafizh / hafizhoh) adalah sebuah cita cita yang harus ditanamkan sejak dini. Karena banyak sekali keutamaan yang akan didapatkan oleh seorang hafizh / hafizhoh.

Memahami dan menguasai Bahasa Arab adalah langkah awal yang sebaiknya didahulukan agar bisa mewujudkan cita cita menjadi penghafal Al-Qur’an. Setelah hafal, maka proses untuk memahami Al-Qur’an akan jauh lebih mudah, kemudian dalam pengamalannya pun akan lebih berkesan dan lebih ikhlas karena Allah subhanahu wa ta’ala.

 

Bisa Memahami Penjelasan Para Ulama Dari Kitab Aslinya

Sudah tidak bisa dipungkiri, saat ini banyak beredar syarah kitab para ulama yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia pada khususnya, dan bahasa lain pada umumnya.

Diantara berbagai versi terjemahan kitab tersebut, ada beberapa yang diprioritaskan untuk dijadikan rujukan, dan ada beberapa yang sebaiknya tidak diprioritaskan. Karena walaupun sumbernya sama, akan tetapi teknik mengartikan, memahami dan menyimpulkan setiap ahli ilmu yang mempelajari kitab tersebut akan berbeda satu sama lain.

Oleh karenanya, cara memahami ajaran Islam melalui pemahaman pada ulama salaf, maka yang paling efektif adalah dengan membaca dan mengkaji cetakan kitabnya secara langsung, yang berbahasa arab dan tanpa harokat.

Bagi orang awam, kitab seperti ini pasti akan sulit dibaca apalagi diterjemahkan dan diartikan. Akan tetapi bagi yang memahami kaidah bahasa Arab, maka kitab tersebut bisa dibaca dengan lancar, diterjemahkan dengan baik, kemudian difahami dengan tepat sesuai dengan pemahaman para ulama ahlusunnah.

Itulah sebabnya, salah satu alasan penting kenapa harus belajar bahasa Arab adalah agar bisa memahami penjelasan para ulama langsung dari sumber aslinya.

 

Bisa Memahami Bahasa Arab Dengan Baik

Dalam kaidah bahasa Arab, ada yang namanya ilmu Nahwu. Pengetahuan tentang ilmu ini akan membuat siapapun yang menguasainya bisa memahami bahasa Arab dengan baik, sehingga hasil terjemahan, kesimpulan, dan pemahaman yang dihasilkan lebih tepat dan sesuai dengan pemahaman pada ulama salaf.

 

***

 

Demikianlah 5 alasan penting kenapa harus belajar Bahasa Arab. Semoga bisa menjadi pertimbangan bagi kita semua untuk segera mempelajari bahasa Arab, tentunya dengan metode yang tepat agar prosesnya bisa berlangsung lancar.

Bagi Antum yang berniat untuk mempelajari bahasa Arab sistematis dengan metode yang baik dan tepat, Yayasan Imam Malik membuka pendaftaran untuk menjadi santri baru di Lembaga Pendidikan Bahasa Arab (LPBA) setiap tahunnya.

Dengan tenaga pendidik yang handal dan profesional lulusan Ma’had Al-Imarot Bandung dan Lipia Jakarta, kompetensi pengajar bahasa Arab di LPBA Imam Malik akan memberikan sistem pengajaran terpadu yang mudah difahami dan dimengerti oleh para santri.

Untuk penjelasan lebih lanjut tentang program LPBA Yayasan Imam Malik bisa antum lihat DISINI

 

***

 

Demikian penjelasan tentang 5 alasan penting kenapa harus belajar bahasa Arab, serta LPBA Yayasan Imam Malik yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat… Barokallohu fiikum..

One thought on “5 Alasan Penting Kenapa Harus Belajar Bahasa Arab

  • April 28, 2019 at 6:28 am
    Permalink

    Artikel yang sangat bagus …
    Ulasan informasi yang disampaikan sangat bermanfaat …
    Terimakasih informasinya min …
    Ditunggu artikel selanjutnya …
    Salam kenal …

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *