Amalan yang Mengundang Rahmat Allah #5 : Memohon Ampun

Barangsiapa yang senantiasa memohon ampun kepada Allah subhanahu wa ta’ala, maka ketahuilah bahwa orang tersebut memiliki kesempatan untuk mendapatkan rahmat Allah subhanahu wa ta’ala…

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman melalui lisan Nabi Shalih ‘alaihissalaam :

قَالَ يَٰقَوْمِ لِمَ تَسْتَعْجِلُونَ بِٱلسَّيِّئَةِ قَبْلَ ٱلْحَسَنَةِ ۖ لَوْلَا تَسْتَغْفِرُونَ ٱللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ

Dia berkata: “Hai kaumku mengapa kamu minta disegerakan keburukan sebelum (kamu minta) kebaikan? Hendaklah kamu meminta ampun kepada Allah, agar kamu mendapat rahmat”. (An-Naml 27:46)

Imam Asy-Syaukani mengatakan bahwa kalimat, “Dia berkata, ‘Hai kaumku mengapa kamu minta disegerakan keburukan sebelum (kamu minta) kebaikan?’…” maksudnya bahwa ketika nabi Shalih ‘alaihissalam berkata kepada beberapa golongan orang kafir yang ingkar terhadap dakwah Nabi Shalih ‘alaihissalaam. “Mengapa kalian meminta untuk disegerakan keburukan sebelum (meminta) kebaikan?” [Fat-hul Qadiir].

Menurut pendapat Muhajid, kalimat “yakni (minta disegerakan) adzab sebelum (meminta) rahmat,” maknanya mengapa kalian menunda untuk segera beriman, padahal iman akan mendatangkan pahala kepada kalian. Dan malah kalian lebih memilih kekafiran, yang akan menghadirkan adzab kepada kalian.

Mereka (orang-orang kafir) mengatakan suatu kalimat tidak pantas akibat keterlaluannya kekafiran mereka, ‘Datangkanlah adzab kepada kami, wahai Shalih

Hendaklah kamu meminta ampun kepada Allah,‘ bermakna tidakkah kalian bertaubat kepada-Nya dari perbuatan syirik dan memohon ampun kepada Allah subhanahu wa ta’ala.

Agar kamu mendapat rahmat,‘ dengan harapan ketika kalian melakukannya, maka Allah akan mendatangkan rahmat-Nya, merahmati kalian, yang menjadi sebab kalian terhindar dari siksa.

***

Al-‘Allamah As-Sa’di berkata, “Dia berkata, ‘Hai kaumku mengapa kamu minta disegerakan keburukan sebelum (kamu meminta) kebaikan?” maksudnya mengapa kaum kafir yang ingkar menginginkan dan melakukan berbagai keburukan sebelum melakukan berbagai kebaikan yang pada hakikatnya akan memperbaiki urusan, membaguskan ihwal baik dunia maupun akhirat? Padahal tidak ada sedikitpun alasan untuk kalian melakuakn keburukan tersebut?

Hendaklah kamu meminta ampunan Allah‘, yakni dengan melakukan taubat dari berbagai kemaksiatan serta kesyirikan kalian, serta memohon ampunan kepada Allah subhanahu wa ta’ala agar dosa-dosa kalian diampuni.

Agar kamu mendapat rahmat‘, yang menunjukkan bahwa rahmat Allah subhanahu wa ta’ala itu teramat dekat kepada orang yang melakukan kebajikan. Dan memohon ampun adalah sebuah perbuatan baik yang termasuk sebuah kebajikan. [At-Tafsiir].

***

Demikianlah penjelasan tentang tafsir dari qur’an surat An-Naml ayat 46 yang menjadi dalil bahwa memohon ampun termasuk amalan yang bisa mendatangkan rahmat Allah subhanahu wa ta’ala.

Diantara amalan memohon ampunan yang bisa kita lakukan, adalah dengan melakukan hal berikut ini :

  1. Memperbanyak istighfar
  2. Memperbanyak ketaatan
  3. Menghindari kemaksiatan

Semoga kita semua termasuk hamba yang senantiasa ingat untuk memohon ampun atas segala dosa yang dilakukan, baik kecil terlebih besar, baik tak disengaja terlebih yang disengaja. Yang dengan melakukan hal tersebut, kita dimasukkan ke dalam golongan orang yang mendapatkan rahmat Allah subhanahu wa ta’ala…

Aamiin yaa robbal ‘alaamiin….

3 thoughts on “Amalan yang Mengundang Rahmat Allah #5 : Memohon Ampun

  • March 14, 2018 at 7:24 am
    Permalink

    Terimakasih bultinyya. Ust. Semoga bultindakwHny di terima oleh semua agar rambh yakin kpada nabi dan allah swt.?

    Reply
    • July 3, 2018 at 7:47 am
      Permalink

      Semoga Allah ‘Azza wa Jalla selalu memberikan hidayah-Nya kepada kita semua agar istiqomah di jalan-Nya

      Reply
  • June 27, 2019 at 10:58 am
    Permalink

    subhanallah, semoga kita senantiasa mengamalkan segala perintah Allah SWT dan sunnah Rasulullah SAW,
    lanjutkan min.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *