Bagaimana Cara Taubatnya Orang Yang Meninggalkan Shalat?

Ada sebuah pertanyaan yang diajukan! Berikut adalah redaksi lengkapnya..

“Sebagian besar usiaku yang telah dilalui, dilalui dengan tidak menunaikan kewajiban Shalat 5 Waktu. Dan sekarang saya telah menyadari kesalahan tersebut. Apa yang seharusnya saya lakukan sekarang? Apakah shalat yang terlewat di masa lalu itu harus di Qadha‘? Ataukah ada kaffarah? Ataukah cukup dengan melakukan taubat?”

 

Berikut adalah penjelasan dan jawaban untuk pertanyaan di atas…

“Saudara wajib bertaubat kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala, kemudian senantiasa menjaga kewajiban sepanjang hidup yang masih tersisa. Bulatkan juga tekad untuk bertaubat dengan memenuhi berbagai syarat-syarat taubat, seperti :

  • Menyesali perbuatan dosa (termasuk kewajiban yang terlewatkan)
  • Tidak mengulangi kesalahan yang sama.

Selain menyesali dan tidak mengulangi kesalahan yang sama, maka akan muncul tekad yang kuat untuk tidak mengulanginya lagi.

Maka, jika taubat saudara seperti yang dijelaskan di atas, kemudian saudara meningkatkan ketaatan kepada Allah Subhanau wa Ta’ala di waktu-waktu setelahnya,  saudara menjaga sholat 5 waktu, ditambah dengan amalan-amalan sunnah lainnya, maka ini sudah cukup insyaa Allah.

Adapun tentang meng-qadha’ shalat, maka tidak ada kewajiban untuk meng-qadha shalat yang telah ditinggalkan dengan sengaja di masa lalu. Akan tetapi, menyengaja meninggalkan shalat adalah salah satu bentuk kekufuran kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala yang bisa menyebabkan pelakunya keluar dari Agama Islam, walaupun dalam hati dia tidak mengingkari kewajiban shalat tersebut.

Ini adalah penjelasan menurut pendapat yang paling shahih dari dua pendapat para ulama. Wallahu a’lam….”

 

* Majmu Fatawa Syaikh Shalih Fauzan al-Fauzan, halaman 339 – 340

 

 

 

(Dikutip dari Majalah As-Sunnah edisi 12 : Rajab 1439 H / April 2018)

 

Ikuti kajian untuk memperdalam tentang Pembatal-Pembatal Keislaman yang bisa menjerumuskan seorang muslim kepada kekufuran, setiap hari Rabu Ba’da Maghrib di Mesjid Ash-Shiddiq, Jl. Kebon Gedang – Bandung.

Info lebih lanjut tentang jadwal kajian bisa dilihat DISINI

 

 

Mau dapat ilmu agama Islam berdasar pemahaman yang berlandaskan Qur’an dan Sunnah? Antum bisa berlangganan majalah As-Sunnah seperti gambar di bawah ini :

 

majalah assunnah

 

Dengan harga yang sangat MURAH, masih berkisar belasan ribu rupiah? Antum sudah bisa mendapat banyak faidah ilmu dari materi-materi yang disampaikan di dalamnya. Dan yang paling penting, ilmu agamanya dipaparkan berdasarkan pemahaman Manhaj Salaf yang bersumber kepada Al-Qur’an dan Sunnah.

Majalah ini cocok untuk dijadikan bacaan pribadi, ataupun sebagai hadiah bagi sahabat, teman, saudara, serta orang-orang yang antum cintai dan sayangi.

Untuk berlangganan majalah As-Sunnah setiap bulan, atau untuk menghibahkan bacaan yang sarat dengan ilmu ini, Antum bisa langsung menghubungi layanan konsumen MIMBA Store via WA cukup dengan klik tombol di bawah ini :

berlangganan majalah as-sunnah

Semoga bermanfaat.. barokallahu fiikum…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *