Belajar Bahasa Arab di LPBA Imam Malik Bandung

Menguasai dan memahami bahasa Arab sepatutnya menjadi impian dan cita cita setiap muslim! Sebab Al-Qur’an dan hadits disampaikan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wassalaam dalam bahasa yang sangat kompleks dan multi kaidah ini.

 

Lalu kapankan kita harus mulai mempelajari bahasa Arab?

Tidak ada batasan kapan harus memulai, karena jika seorang muslim sudah bisa menerima pelajaran dan pendidikan, maka mulai saat itu juga boleh kita arahkan untuk belajar bahasa Arab. Adapun batasan akhirnya dalam tolabul ‘ilmi (bahasa arab pada khususnya), hanya boleh dihentikan saat mulut kita dibungkam dengan tanah atau meninggal dunia.

Oleh karenanya, tidak pernah ada kata terlambat bagi kita semua untuk mempelajari bahasa Arab. Berapapun umur antum saat ini, apapun latar belakang pendidikan antum, apapun profesi dan kesibukan antum, kita bisa tekadkan dalam hati untuk mulai mempelajari bahasa Arab! Mulai dari saat ini dan memulai dari tahap yang paling mudah, kemudian berlanjut ke tahap selanjutnya, lalu mempraktekkan dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari hari sehingga bahasa Arab insyaa Allah bisa kita kuasai. Aamiin…

 

Bagaimanakah teknik dan metode yang tepat dalam mempelajari bahasa Arab?

Untuk belajar bahasa Arab, tidak bisa dilakukan secara otodidak (belajar sendiri dengan menggunakan sumber yang ada), walaupun dengan menggunakan literatur pelajaran bahasa Arab yang lengkap, kamus yang tebal, dan metode metode terbaik sekalipun!

Sebab, bahasa adalah sesuatu yang hanya bisa dikuasai dengan pendampingan belajar, dari guru yang faham tentang kaidah-kaidah bahasa Arab yang sudah terbiasa menggunakan bahasa Arab dalam kehidupan sehari hari, serta dukungan lingkungan yang se-visi agar terjadi sinergi satu sama lain yang menjadi sebab turunnya rahmat Allah subhanahu wa ta’ala sehingga orang orang yang tergabung didalamnya bisa memahami dan menguasai bahasa Arab.

 

Adakah lembaga pendidikan bahasa arab yang kompeten?

Jawaban untuk pertanyaan ini sangat banyak sekali! Di berbagai kota sudah tersedia lembaga lembaga pendidikan yang konsentrasi dalam pengajaran bahasa Arab, contohnya Al-Imarot di Bandung dan Lipia di Jakarta.

Tentunya, tidak semua orang memiliki kemampuan dan keleluasaan untuk mengikuti pendidikan di lembaga pendidikan diatas, dikarenakan terbatasnya waktu oleh kesibukan, ketatnya sistem seleksi yang ditentukan dalam penerimaan santri, dan lain sebagainya.

 

Solusi belajar bahasa Arab di LPBA Imam Malik Bandung

Khusus bagi antum yang berniat untuk mempelajari bahasa Arab dengan serius karena Allah ta’ala, siap mengorbankan waktu, tenaga, dan pikiran untuk mengikuti proses belajar, serta memiliki tujuan untuk menjadi muslim yang mengerti dan memahami bahasa agamanya, maka ada solusi belajar bahasa Arab yang bisa antum manfaatkan, yakni dengan mendaftar menjadi santri di Lembaga Pendidikan Bahasa Arab (LPBA) Imam Malik Bandung.

Setiap semester, LPBA Imam Malik Bandung membuka kesempatan kepada siapapun untuk menjadi santri. Seperti halnya, bulan juli kemarin dibuka pendaftaran santri baru periode 2017-2018.

 

Metode Belajar Bahasa Arab Di LPBA Imam Malik Bandung

LPBA Imam Malik Bandung membagi kelas belajar menjadi 4 Mustawa (Awal, Tsani, Tsalis, dan Rabiyy). Pembagian santrinya disesuaikan dengan kemampuan dasar yang dimiliki setiap santri.

Setelah santri belajar selama 6 bulan di setiap mustawa, maka akan diadakan ujian untuk menentukan apakah santri yang bersangkutan berhak untuk melanjutkan ke tingkat mustawa selanjutnya atau mengulang di mustawa sebelumnya.

Pembelajaran bahasa Arab di LPBA Imam Malik Bandung insyaa Allah berlangsung setiap senin – jum’at mulai dari ba’da Isya hingga pukul 21.00 WIB. Namun santri dianjurkan hadir sebelum maghrib untuk mengikuti shalat maghrib berjamaah, serta kajian rutin setiap ba’da Maghrib sampai Isya yang diselenggarakan oleh Yayasan Imam Malik Bandung beserta DKM Mesjid Ash-Shiddiq.

Setelah sholat Isya, dibagilah menjadi beberapa holaqoh dengan pembimbingnya masing masing, dimana pengajar dan pembimbing di LPBA Imam Malik adalah Lulusan dari Al-Imarot Bandung dan Lipia Jakarta.

Santri pun berkumpul di tempat halaqah yang sudah ditentukan untuk sama sama belajar dengan metode pembelajaran bahasa Arab menggunakan media kitab dan sarana lain yang diperlukan.

Berikut adalah dokumentasi kegiatan belajar bahasa Arab di LPBA Imam Malik Bandung mustawa awal, dimana santri diminta untuk mempraktekkan khiwar (percakapan) dalam bahasa Arab :

 

kegiatan belajar bahasa arab

 

Berapa biaya belajar bahasa Arab di LPBA Imam Malik Bandung?

Sebetulnya tidak ada ketentuan khusus mengenai biaya belajar bahasa Arab di LPBA Imam Malik Bandung. Bahkan untuk menggratiskannya pun, insyaa Allah Yayasan Imam Malik dan DKM Mesjid Ash-Shiddiq bisa memfasilitasinya.

Akan tetapi, dikarenakan belajar bahasa Arab memerlukan keseriusan dan ketekunan dalam proses mempelajarinya. Maka LPBA Imam Malik Bandung pun mengambil keputusan untuk mengukur keseriusan serta tekad yang dimiliki oleh setiap santri yang mendaftar, mengingat banyak santri yang gugur dalam masa pembelajaran.

Sehingga setelah dimusyawarahkan secara alot, akhirnya pengurus pun menentukan biaya belajar bahasa Arab di LPBA Imam Malik, yakni :

  1. Biaya pendaftaran santri baru

  2. Infaq bulanan (tidak ditentukan)

Semua biaya yang masuk, dialokasikan kembali untuk santri berupa kitab-kitab penunjang, sarana dan prasarana belajar, untuk menunjang kegiatan belajar bahasa Arab yang dilakukan, dan keperluan lainnya.

 

***

 

Demikian informasi tentang sarana belajar bahasa Arab dari LPBA Imam Malik Bandung yang bisa antum manfaatkan.

Mari awali dengan niat karena Allah subhanahu wa ta’ala untuk mempelajari bahasa Arab, bulatkan tekad untuk tetap istiqomah dan antusias dalam menjalani proses pembelajaran hingga akhir agar pemahaman dan penguasaan bahasa Arab bisa didapat dengan maksimal, dan akhirnya mari kita sama sama amalkan ilmu tersebut dalam kehidupan sehari hari untuk meraih keridhoan dan wajah Allah subhanahu wa ta’ala… Aamiin…

Semoga staff pengajar, pengurus, para santri LPBA Imam Malik Bandung, semua pihak yang berpartisipasi dalam mendukung terselenggaranya program pembelajaran bahasa Arab, serta umat Islam pada umumnya dikumpulkan di syurga yang penuh dengan rahmat dan karunia Allah subhanahu wa ta’ala… Aamiin yaa robbal ‘alaamiin…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: