Dauroh Sehari Tentang FIQIH MUAMALAH & Penerapannya di Zaman Ini

Islam telah mengatur segala sendi kehidupan manusia agar tetap dalam kebaikan dan keselamatan. Dalam hal ber-muamalah pun, terdapat berbagai dalil baik dari Al-Qur’an dan Sunnah yang menjelaskan tentang aturan dan tata cara yang harus diikuti oleh setiap Muslim.

 

Berbagai Praktek Muamalah Non Syar’i di Masyarakat

Tapi faktanya, syari’at Islam tersebut masih belum dipraktekkan dengan benar oleh sebagian besar kaum Muslim di Bandung pada khususnya, dan di Indonesia pada umumnya. Hal ini bisa dibuktikan dengan semakin menjamurnya praktek RIBA di lingkungan kita sendiri, bahkan di depan mata kita sendiri.

  • Pinjaman dana tunai yang berkedok KOPERASI semakin merajalela,
  • Kredit kendaraan dengan sistem kredit via leasing dengan persentase RIBA yang tinggi,
  • Kredit Pemilikan Rumah yang mencekik pembelinya dengan cicilan RIBA hingga belasan tahun lamanya,
  • Asuransi yang menjanjikan berbagai fasilitas proteksi, tunjangan, dan hal lain yang kebanyakan bersifat GHARAR,
  • Bisnis online dropship yang umumnya menjual produk yang tidak kita miliki,
  • Bisnis multilevel marketing (MLM) dengan sistem yang mengandung unsur-unsur yang diharamkan secara syari’at,
  • Bahkan tidak sedikit ustadz dan tokoh agama yang menjadi topeng sehingga menjadikan bisnis tersebut terkesan halal dan dibolehkan secara syari’at Islam,
  • Dan lain sebagainya….

pinjaman dana tunai

 

Masih banyak lagi praktek ber-muamalah tidak syar’i yang terjadi di sekitar kita. Dan mungkin saja, kita pun menjadi salah satu orang yang masih mempraktekkan cara ber-muamalah non syar’i tersebut, yang disebabkan oleh ketidaktahuan dan kelalaian kita dalam mempelajari syari’at Islam tentang FIQIH MUAMALAH, khususnya yang bisa diterapkan di zaman penuh fitnah seperti sekarang ini.

 

Alasan Semakin Menjamurnya Praktek Mu’amalah Non Syar’i

Alasan yang membuat fenomena tersebut melanda umat Islam di zaman ini disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain :

  1. Ketidaktahuan tentang tata cara ber-muamalah yang sesuai dengan syari’at Islam,
  2. Terlalu mengejar dunia, sehingga rambu-rambu yang ditentukan oleh syari’at Islam tidak diindahkan,
  3. Sistem kapitalis yang menjamur dalam kehidupan ekonomi di masyarakat,
  4. Mengikuti keumuman di masyarakat, dan menganggap bahwa kebiasaan yang dilakukan oleh orang banyak itu sudah pasti benar, dan
  5. Tidak meluangkan waktu untuk mempelajari cara ber-muamalah sesuai syari’at Islam, baik dengan membaca literatur, dengan hadir di majelis ilmu, atau dengan mengikuti daurah yang membahas tentang hal tersebut.

Semua alasan tersebut menjadi penyebab kenapa masyarakat kita cenderung menjalankan cara ber-muamalah yang sangat bertolak belakang dengan syari’at Islam. Yang apabila hal tersebut terus dibiarkan tanpa ada upaya untuk merubahnya, baik dari diri kita sendiri maupun dari pihak yang peduli terhadapnya (sedangkan pihak tersebut sudah memahami ilmunya, dan sudah ditegakkan hujjah terhadapnya), maka pembiaran terhadap hal tersebut bisa menyebabkannya ikut terseret pada dosa yang sama. Na’udzubillah….

 

Solusi Untuk Membenahi Cara Ber-Muamalah Khusus Untuk Warga Bandung

Yayasan Imam Malik Bandung, sebagai lembaga hukum resmi di Indonesia memiliki kepedulian khusus akan hal ini, dan sangat berharap agar bisa membenahi cara ber-muamalah masyarakat Bandung pada khususnya dan seluruh masyarakat Indonesia pada umumnya, agar bisa kembali kepada syari’at Islam dalam menjalankan muamalah dalam kehidupan sehari-hari.

Itulah sebabnya, Yayasan Imam Malik Bandung bekerjasama dengan DKM Masjid Ash-Shiddiq Bandung mengadakan acara “Dauroh Sehari tentang FIQIH MUAMALAH (serta penerapannya di zaman ini)” yang mudah-mudahan bisa menjadi sarana dakwah serta solusi pasti untuk memperkenalkan cara ber-mualamah syar’i yang selanjutnya menjadi kebiasaan hidup yang diamalkan sehari-hari, sehingga keselamatan, keberuntungan, serta keberkahan meliputi segenap kaum muslimin.

 

daurah fiqih muamalah

 

Dauroh yang insyaa Allah akan diselenggarakan para hari Sabtu, tanggal 04 November 2017 ini akan menghadirkan pembicara yang kompeten di bidang FIQIH MUAMALAH, yakni alUstadz DATYADIKARA, Lc., M.E.I. حفظه الله تعالى.

Beliau akan mengupas tentang FIQIH MUAMALAH sesuai syari’at Islam (serta penerapannya di zaman ini).

Acara Dauroh ini dibuka untuk umum, baik untuk masyarakat kota Bandung pada khususnya, serta untuk masyarakat di kota lain yang tertarik untuk memperdalam pengetahuan tentang FIQIH MUAMALAH.

Pembahasan tentang FIQIH MUAMALAH membutuhkan waktu yang sangat panjang, karena banyaknya hal yang harus dijelaskan. Yang hal ini tidak akan cukup apabila dijelaskan dalam acara kajian yang rata-rata berlangsung selama 1-2 jam saja.

Tapi di Dauroh Sehari tentang FIQIH MUAMALAH (serta Penerapannya di Zaman Ini), pembahasan ini akan dilaksanakan selama kurang lebih 8 jam lamanya, yang insyaa Allah akan memberikan pemahaman dan ilmu baru untuk kemudian kita terapkan dalam kehidupan sehari hari.

Dan dalam Dauroh Sehari tentang FIQIH MUAMALAH (serta Penerapannya di Zaman Ini), panitia akan memberikan waktu bagi para peserta untuk mengajukan berbagai pertanyaan yang berhubungan dengan FIQIH MUAMALAH serta kasus-kasus yang terjadi di masyarakat.

 

Detail Acara Dauroh FIQIH MUAMALAH Yayasan Imam Malik Bandung

DAUROH V
FIQIH MUAMALAH
(Dilengkapi penjelasan penerapannya di zaman sekarang)

👤 bersama:
alUstadz DATYADIKARA, Lc., M.E.I. حفظه الله تعالى

📆 SABTU
15 Shafar 1439 H /
04 November 2017

⏰ Waktu:
Pk. 08.30 – 17.00 WIB

🏠 Masjid ashSHIDDIQ
Jl. Kebon Gedang Gg. Hj. Siti Aisyah Rt 02 Rw 10 Maleer Bandung.
( https://goo.gl/maps/MSDmWa8ehqS2 )

 

Bagaimana Cara Untuk Mendaftar Sebagai Peserta?

Siapapun bisa mendaftar sebagai peserta untuk acara Dauroh sehari tentang FIQIH MUALAMAH (serta Penerapannya di Zaman Ini), baik ikhwan maupun akhwat, baik masyarakat Bandung maupun masyarkaat di luar kota Bandung.

Pendaftaran peserta dibatasi dalam jumlah khusus, dengan tujuan agar suasana Daurah bisa dikondisikan se-efektif mungkin dan tercipta suasana nyaman dan kondusif selama acara Daurah dilaksanakan, mengingat area masjid yang dimanfaatkan untuk pelaksanaan acara masih sangat terbatas.

Untuk mendaftar sebagai peserta, silahkan kirim SMS/WA ke nomor 0812 2262 0505, dengan format :

 

DFM#Jenis Kelamin#Nama#Profesi#Alamat#Nilai Infaq Terbaik Anda#Tgl. Transfer#No Hp

Contoh:

DFM#Laki2#Ahmad#Guru#Komp. Griya Cempaka Arum no. 53 Kota Bandung#150.005#20-10-2017#085222004444

Catatan:

(Berikan infaq anda untuk membantu kelancaran pelaksanaan dauroh serta dimohon untuk mencantumkan angka 5 di akhir nilai transfernya untuk memudahkan pengecekan)

Konfirmasi Transfer, kirim via SMS/WA ke 0812 2262 0505

 

———-

 

💰 Donasi infaq bisa ditransfer melalui rekening :

No Rek : 7083 2993 25

BANK SYARIAH MANDIRI
Kode Bank: 451
A/N : Yayasan Imam Malik Bandung

 

Setiap peserta dianjurkan untuk memberikan infaq yang tidak ditentukan jumlahnya. Silahkan berikan infaq terbaik yang bisa diberikan. Infaq yang masuk akan dimanfaatkan memberikan fasilitas khusus bagi para peserta, untuk kepentingan acara Dauroh, serta kepentingan Yayasan Imam Malik Bandung dalam menjalankan kegiatan operasionalnya, khususnya dalam kegiatan Dakwah Islam.

Semoga Allah subhanahu wa ta’ala mencatat kebaikan tersebut, menjadikannya penolong di akhirat, serta mengganti nilai yang telah dikeluarkan dengan lebih baik, sebagaimana firman Allah subhanahu wa ta’ala :

 

هُنَالِكَ ٱلْوَلَٰيَةُ لِلَّهِ ٱلْحَقِّ ۚ هُوَ خَيْرٌ ثَوَابًا وَخَيْرٌ عُقْبًا

Di sana pertolongan itu hanya dari Allah Yang Hak. Dia adalah sebaik-baik Pemberi pahala dan sebaik-baik Pemberi balasan. (Al-Kahf 18:44)

 

Fasilitas yang Didapat Peserta Dauroh

Untuk para peserta yang mengikuti acara Dauroh Sehari tentang FIQIH MUAMALAH (serta Penerapannya di Zaman Ini), pihak panitia telah mempersiapkan berbagai fasilitas penunjang agar kegiatan ini berjalan nyaman dan kondusif, antara lain :

  1. Sertifikat
  2. Seminar Kit
  3. Konsumsi (makan siang)

 

Mari Dapatkan Kebaikan Dengan Membagikan Informasi Ini

Dapatkan kebaikan dan pahala yang banyak dengan membagikan informasi ini kepada keluarga, sahabat, teman, atau kenalan antum.

Dengan menunjukki kebaikan, maka antum bisa mendapatkan pahala sebagaimana orang yang mengamalkannya. Imam Muslim meriwayatkan dalam kitab Shahih-nya, hadits dari sahabat Uqbah bin ‘Amr bin Tsa’labah radhiallahu’anhu, bahwa Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

 

من دَلَّ على خيرٍ فله مثلُ أجرِ فاعلِه

Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya” (HR. Muslim no. 1893).

 

Silahkan sebarkan informasi ini, semoga ikhtiar antum tersebut menjadi wasilah hidayah bagi umat Islam yang lain untuk mengenal Syari’at Islam dalam mengatur kehidupan ber-muamalah di zaman ini. Aamiin yaa robbal ‘alaamiin…

***

Demikian informasi acara Dauroh Sehari tentang FIQIH MUAMALAH (serta Penerapannya di Zaman Ini). Semoga kita semua bisa menjadi bagian dari umat Islam yang membantu menghidupkan cara ber-muamalah yang sesuai dengan syari’at Allah subhanahu wa ta’ala serta tuntunan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wassalaam…

Barokallahu fiikum…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *