Keuntungan Bagi Orang yang Menempuh Jalan Menuntut Ilmu

Keuntungan Bagi Orang yang Menempuh Jalan Menuntut Ilmu

Keuntungan Bagi Orang yang Menempuh Jalan Menuntut Ilmu

Keuntungan bagi orang yang menempuh jalan menuntut ilmu itu apa saja sih? Temukan jawabannya dalam artikel singkat berikut ini.

Bismillah…

Bagi siapa saja yang berusaha untuk menuntut ilmu agama, maka ia akan memperoleh keuntungan yang sangat besar, baik di dunia maupun di akhirat kelak nanti. Sebagaimana Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda :

وَمَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَلْتَمِسُ فِيهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللَّهُ لَهُ بِهِ طَرِيقًا إِلَى الْجَنَّةِ
“Siapa yang menempuh jalan untuk mencari ilmu, maka Allah akan mudahkan baginya jalan menuju surga.” (HR. Muslim, no. 2699)

 

Kemudian di dalam hadits yang lain, Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda :

مَن يُرِدِ اللهُ به خيرًا يُفَقِّهْه في الدينِ
“Barangsiapa yang Allah kehendaki kebaikan padanya, niscaya Allah akan jadikan ia faham dalam agama” (Muttafaqun ‘alaihi).

 

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

 

إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ وَعِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ وَوَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ
“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh” (HR. Muslim no. 1631)

 

Di dalam hadits di atas dijelaskan bahwasanya, jika seseorang telah wafat, maka tidak akan tertinggal sedikitpun pahala baginya yang akan ia peroleh, melainkan dari 3 perkara :

  1. Pertama, dari shadaqah jariyah, dari sedekah, yang ini akan terus mengalir pahalanya, salah satunya shadaqah dalam bentuk harta wakaf.
  2. Kedua, Ilmu yang dipelajari, diamalkan, kemudian diajarkan dan disebarkan, hingga orang-orang mengambilnya dan mengamalkannya dan bermanfaat bagi kehidupannya.
  3. Ketiga, anak shalih yang mendo’akan untuknya.

***

Dari 3 hadits yang disebutkan tadi, maka kita akan memperoleh keuntungan dan keutamaan orang yang menuntut ilmu, baik di dunia maupun di akhirat.

  • Yang pertama, di dunia kita akan mendapatkan kemudahan menuju jalan ketaqwaan dan menuju jalan Allah Ta’ala,
  • Yang kedua, dia akan mendapatkan kebaikan dari sudut pandang Allah Ta’ala, karena siapa yang dikehendaki kebaikan, maka dia akan difahamkan terhadap ilmu agama,
  • Yang ketiga, orang yang memiliki ilmu akan terus mendapatkan pahala dari ilmu yang diajarkan kepada orang lain, kemudian orang yang belajar tersebut mengamalkan ilmu tersebut. Karena yang mengajarkan ilmu akan mendapatkan pahala dari orang-orang yang beramal atas ilmu yang diajarkannya.

Jika dihitung pahala Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam dengan seluruh umat Islam di dunia ini, maka yang paling banyak pahalanya adalah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Karena beliau mendapatkan pahala dari amalannya sendiri, serta pahala dari orang-orang yang beramal dari sunnah-sunnah yang diajarkan oleh beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam hingga akhir zaman.

Inilah berbagai keuntungan, keutamaan, dan keberhasilan orang yang menempuh jalan untuk menuntut ilmu. Tentunya menuntut ilmu disini tidak lepas dari niat yang ikhlas untuk mengharap keridhaan Allah Ta’ala, kemudian mengamalkan ilmu yang telah didapat, serta mengajarkan dan mendakwahkan ilmu tersebut kepada yang lain.

Karena ada 2 amanat yang penting untuk diketahui oleh penuntut ilmu, yakni :

  • Mengamalkannya
  • Mengajarkannya

Semoga yang singkat ini bermanfaat, dan menjadi motivasi bagi kita semua agar menjadi orang yang terus semangat menempuh jalan untuk menuntut ilmu, agar bisa selamat dan meraih kebahagiaan di dunia dan di akhirat.

Barakallahu fiikum.

 

 

Disarikan dari kajian rutin online ba’da Maghrib yang disampaikan oleh Ustadz Abu Faqih R. Kurniawan hafizhahullah.

 

Incoming search terms:

  • mendo\akan orang yg menuntut ilmu

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *