Program Sholat Berjamaah SDITQ Imam Malik Bandung

SDITQ Imam Malik Bandung yang menjadi salah satu sekolah Sunnah di Bandung memiliki perhatian serius dalam urusan praktek ibadah Sholat. Hal ini yang menjadikan pengurus dan staff pengajar SDITQ Imam Malik Bandung memasukkan program sholat berjamaah dalam proses kegiatan belajar mengajarnya.

Karena sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa shalat adalah ibadah yang pertama kali akan dihisab di akhirat kelak. Jika sholat kita baik, maka keberuntungan dan keselamatan akan kita dapatkan. Demikian sebaliknya, apabila sholatnya rusak, maka kerugian dan penyesalan yang akan didapatkan.

***

Dari Abu Hurairah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

 إِنَّ أَوَّلَ مَا يُحَاسَبُ بِهِ العَبْدُ يَوْمَ القِيَامَةِ مِنْ عَمَلِهِ صَلَاتُهُ فَإِنْ صَلَحَتْ فَقَدْ أَفْلَحَ وَأَنْجَحَ وَإِنْ فَسَدَتْ فَقَدْ خَابَ وَخَسَرَ فَإِنِ انْتَقَصَ مِنْ فَرِيْضَتِهِ شَيْءٌ قَالَ الرَّبُّ تَبَارَكَ وَتَعَالَى : انَظَرُوْا هَلْ لِعَبْدِي مِنْ تَطَوُّعٍ ؟ فَيُكْمَلُ بِهَا مَا انْتَقَصَ مِنَ الفَرِيْضَةِ ثُمَّ يَكُوْنُ سَائِرُ عَمَلِهِ عَلَى ذَلِكَ ” . وَفِي رِوَايَةٍ : ” ثُمَّ الزَّكَاةُ مِثْلُ ذَلِكَ ثُمَّ تُؤْخَذُ الأَعْمَالُ حَسَبَ ذَلِكَ

Sesungguhnya amal hamba yang pertama kali akan dihisab pada hari kiamat adalah shalatnya. Apabila shalatnya baik, dia akan mendapatkan keberuntungan dan keselamatan. Apabila shalatnya rusak, dia akan menyesal dan merugi. Jika ada yang kurang dari shalat wajibnya, Allah Tabaroka wa Ta’ala  mengatakan, ’Lihatlah apakah pada hamba tersebut memiliki amalan shalat sunnah?’ Maka shalat sunnah tersebut akan menyempurnakan shalat wajibnya yang kurang. Begitu juga amalan lainnya seperti itu.”

Dalam riwayat lainnya, “Kemudian zakat akan (diperhitungkan) seperti itu. Kemudian amalan lainnya akan dihisab seperti itu pula.” (HR. Abu Daud no. 864, Ahmad 2: 425, Hakim 1: 262, Baihaqi, 2: 386. Al Hakim mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih dan tidak dikeluarkan oleh Bukhari dan Muslim, penilaian shahih ini disepakati oleh Adz Dzahabi)

***

Dengan program ini, diharapkan anak anak bisa faham tentang bacaan sholat, praktek sholat, yang sesuai dengan tuntunan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wassalaam. Untuk mengamalkan Sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wassalam seperti yang diperintahkan dalam hadits dibawah ini :

صَلُّوا كَمَا رَأَيْتُمُونِي أُصَلِّي

“Shalatlah sebagaimana kalian melihat aku shalat”

(HR.Bukhari no.6705, Ad-Darimi no.1225 dari Malik bin Al Huwairits radliallahu ‘anhu)

***

Dengan mengikuti tuntunan dan ber-ittiba’ kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wassalaam, diharapkan amalan sholat yang dilakukan memenuhi syarat untuk diterimanya amalan.

Hal inilah yang diharapkan dari program pendidikan sholat untuk setiap siswa SDITQ Imam Malik Bandung, mulai dari kelas 1 sampai kelas 6. Yang mudah mudahan, dengan membiasakan praktek sholat secara syar’i ini, bisa membekas dalam kesehariannya, sehingga pada waktunya anak tersebut menjadi mukallaf (yang sudah dibebani hukum syari’at), maka ibadah sholat menjadi hal yang sudah terbiasa dilakukan saat remaja, dewasa, dan hingga akhir hayatnya.

Selain praktek dan bacaan sholat, siswa SDITQ Imam Malik Bandung pun diajarkan tentang cara berwudhu, adab memasuki masjid (membaca do’a masuk masjid dengan mendahulukan kaki kanan, dan sholat tahiyyatul masjid), dzikir sesudah shalat fardhu, dan adab keluar dari masjid (membaca do’a keluar masjid dengan mendahulukan kaki kiri).

Pada prakteknya di lapangan, siswa tentu tidak bisa diatur dengan sempurna sebagaimana yang diharapkan, karena masih adanya tabi’at kanak kanak yang tertanam kuat dalam dirinya. Akan tetapi, dengan mereka mau ikut berpartisipasi dalam program ini, memperhatikan, kemudian menuruti tuntunan yang diberikan oleh ustadz dan ustadzah yang bertugas dalam program pendidikan sholat ini, mudah mudahan secara lambat laun bisa merubah dan mengarahkan kepribadian dan kebiasaan para siswa yang mengikuti program ini hingga menjadi muslim yang maksimal dalam menjaga sholat serta senantiasa khusyuk dalam sholatnya.

persiapan sholat berjamaah akhwat

 

bimbingan ustadz sebelum sholat

 

bimbingan sebelum sholat

 

Bagi antum yang berharap agar anaknya mendapatkan pendidikan dan pengajaran sekolah yang lebih intensif, berlandas pada aqidah yang lurus, pembentukan akhlak yang sesuai dengan teladan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wassalaam serta mendapatkan didikan mengenai hal hal seputar sholat sejak dini, maka bisa menitipkan anak antum untuk menjadi siswa di SDITQ Imam Malik Bandung. Sebab semua harapan tersebut menjadi pertimbangan pengurus dan staff pengajar SDITQ Imam Malik Bandung dalam merancang program pendidikan yang sesuai.

Insyaa Allah, setiap tahunnya kami membuka pendaftaran siswa baru maupun pindahan. Akan tetapi, melihat kapasitas dan kemampuan operasional SDITQ Imam Malik Bandung yang masih belum sempurna, maka ada penentuan dan batasan penerimaan jumlah siswa. Hal ini dimaksudkan agar dengan sarana dan prasarana yang tersedia, proses pendidikan dan kegiatan belajar mengajar bisa didapatkan secara lebih maksimal oleh setiap siswa.

Insyaa Allah, selama menjalankan prosesnya, kami telah merancang program besar untuk menunjang kegiatan pendidikan Yayasan Imam Malik Bandung agar bisa lebih baik lagi. Salah satunya dengan mengupayakan tersedianya sarana dan prasarana penunjang kegiatan dan program kerja yayasan, khususnya dalam bidang pendidikan (SDITQ Imam Malik Bandung dan LPBA Imam Malik Bandung).

Program tersebut adalah Program Wakaf Pembebasan Lahan & Bangunan yang nantinya akan dimanfaatkan untuk mendukung kegiatan yayasan dalam setiap bidang garapannya. Dan apabila antum ingin mengetahui info lebih lanjut tentang program ini, penjelasannya bisa dilihat dalam artikel ini.

Dan barangkali ada diantara antum sekalian yang memiliki kelebihan dalam segi harta, kami mengajak antum untuk sama sama mendukung program ini agar segera terealisasi. Insyaa Allah harta yang diwakafkan akan menjadi amal jariyah yang menjadi pemberat timbangan kebaikan di akhirat kelak. Dan pahala tersebut akan senantiasa mengalir selama manfaat dari fasilitas yang diwakafkan tersebut tetap didapatkan, walaupun kita sudah meninggalkan dunia ini. Insyaa Allahu ta’ala…

***

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ وَعِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ وَوَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang shalih” (HR. Muslim no. 1631)

Syaikh ‘Abdullah Al-Fauzan berkata, “Hadits ini jadi dalil akan sahnya wakaf dan pahalanya yang besar di sisi Allah. Di mana wakaf tersebut tetap manfaatnya dan langgeng pahalanya. (Minhah Al-‘Allam, 7: 11)

***

Tidak lupa, mohon do’anya pula agar Allah ta’ala meridhoi dan memudahkan perjuangan segenap pihak yang ikut serta dalam menjalankan kegiatan dan program kerja Yayasan Imam Malik Bandung. Mudah mudahan, dengan wasilah do’a yang dipanjatkan, menjadi sebab Allah subhanahu wa ta’ala menurunkan rahmat dan pertolonganNya. Aamiin…

Demikian informasi tentang program pendidikan sholat di SDITQ Imam Malik Bandung berikut sedikit penjelasan tentang Program Wakaf Pembebasan Lahan & Bangunan untuk Ma’had Imam Malik Bandung.

Semoga bermanfaat… Barokallahu fiikum…

3 thoughts on “Program Sholat Berjamaah SDITQ Imam Malik Bandung

  • April 7, 2018 at 6:02 am
    Permalink

    SDITQ imam malik bandung mengajarkan perogram kepada siswanya untuk solat berjamaah guna mwmbiasakan nya dari kecil
    apakah program ini di wajibkan untuk siswa?

    Reply
    • April 8, 2018 at 10:50 pm
      Permalink

      Untuk siswa kelas 1, 2 dan 3, program ini menjadi salah satu bagian dari kegiatan belajar mengajar berupa praktek secara langsung. Jadi siswa diarahkan untuk berpartisipasi dalam KBM ini…

      Tapi bagi siswa yang tidak masuk sekolah karena izin atau sakit, maka ada udzur untuk tidak mengikuti kegiatan tersebut.

      Reply
    • July 4, 2018 at 1:24 am
      Permalink

      betul saudara, selain itu, diajarkan juga do’a sehari-hari untuk dihafalkan dan diamalkan.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: