Tips Memperbaiki Bacaan Al-Qur’an yang Insyaa Allah Efektif

Bisa membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar adalah hal yang harus menjadi impian setiap muslimin. Sebab, dengan baik dan benarnya bacaan tersebut, akan membuat pelafalan kita semakin tepat, sehingga makna dan arti sebenarnya yang disampaikan dalam bacaan tersebut, bisa diterima dengan maksimal oleh setiap orang yang mendengarkan.

 

Belajar Tahsin Al-Qur’an Termasuk Kewajiban

Bagi seorang imam, baik dan benarnya bacaan Al-Qur’an adalah syarat khusus yang harus dipenuhi. Tapi bagi selain imam pun, sebagai umat Islam yang tunduk dan patuh pada syari’at Allah dan sunnah Rasul-Nya, maka kita tetap memiliki kewajiban untuk bisa membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar.

Sebagaimana firman Allah subhanahu wa ta’ala dalam Al-Qur’an :

وَرَتِّلِ الْقُرْءَانَ تَرْتِيلا

“Dan bacalah al-Qur’an itu dengan tartil.” (Al-Muzammil: 4)

Maksud kata “Tartil” dalam ayat diatas, dijelaskan lebih lanjut oleh sahabat Ali bin Abi Thalib sebagai berikut :

Mentajwidkan huruf-hurufnya dengan mengetahui tempat-tempat berhentinya”. (Syarh Mandhumah Al-Jazariyah, hlm. 13)

Oleh karena ini merupakan perintah Allah subhanahu wa ta’ala agar kita membaca Al-Qur’an secara tartil, maka semua sebab yang bisa mewujudkan tercapainya hal tersebut menjadi hal yang diwajibkan pula, seperti belajar tahsin Al-Qur’an.

 

Definisi Tahsin Al-Qur’an

Tahsin diambil dari bahasa arab berjenis fi’il amr (حَسَّنَ – يُحَسِّنُ – تَحْسِيْنًا) yang berarti : menghiasi, memperbaiki, membaguskan, membuat lebih baik dari sebelumnya, atau memperindah. [Lihat Mu’jam Al Wasith (1:174); Qamus Al-Munir, hal 265]

Dari arti bahasa tersebut, maka bisa disimpulkan bahwa Tahsin Al-Qur’an artinya : melakukan upaya dan tindakan agar bisa memberbaiki, membaguskan, memperindah, dan membuat lebih baik bacaan Al-Qur’an dari sebelumnya.

Tentu saja, dengan mempelajari tahsin Al-Qur’an ini, insyaa Allah bacaan Al-Qur’an kita akan lebih baik, lebih fasih, dan lebih benar. Aamiin.

 

Tips Memperbaiki Bacaan Al-Qur’an yang Insyaa Allah Efektif

Setelah antum memahami tentang definisi dan kewajiban belajar tahsin Al-Qur’an, maka kali ini langsung saja kita masuk pada pembahasan utama artikel ini, yakni tentang tips memperbaiki bacaan Al-Qur’an yang insyaa Allah efektif, efisien, serta bisa memberikan hasil yang lebih maksimal.

Berikut adalah tips yang dimaksud :

Belajar secara kontinyu

Belajar tahsin Al-Qur’an perlu kesinambungan dan dilakukan secara terus menerus! Karena keterampilan membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar akan semakin terlatih dengan mempelajarinya secara kontinyu.

Jadi, miliki semangat dan tekad yang kuat karena Allah subhanahu wa ta’ala untuk belajar tahsin Al-Qur’an secara istiqomah dan berkelanjutan.

Belajar dalam bimbingan

Dengan tersedianya berbagai media belajar yang ada saat ini, tidak menutup kemungkinan seseorang untuk belajar sendiri secara otodidak. Akan tetapi, tidak semua bidang ilmu akan efektif dengan metode pembelajaran otodidak, salah satunya belajar tahsin Al-Qur’an ini.

Setidaknya, orang yang ingin belajar tahsin Al-Qur’an memerlukan bimbingan dan arahan dari orang yang tepat, yaitu pembimbing yang sudah menguasai metode tahsin Al-Qur’an dengan baik.

Dengan adanya bimbingan ini, insyaa Allah bacaan keliru kita akan dibenarkan, juga akan diberikan metode dan teknik yang efektif dalam menguasai kaidah bacaan Al-Quran, dan berbagai bimbingan dan arahan lainnya.

Gunakan media pendukung

Adanya media pendukung akan memberikan hasil yang lebih baik daripada tidak ada media pendukung sama sekali. Dalam belajar tahsin Al-Qur’an, salah satu media yang bisa digunakan adalah kitab Metode Asy-Syafi’i di bawah ini :

kitab-metode-asy-syafi'i

Media pendukung ini insyaa Allah bisa membantu antum dalam belajar tahsin Al-Qur’an melalui bimbingan dan arahan ustadz yang berpengalaman.

Apabila dibutuhkan, kitab Metode Asy-Syafi’i ini bisa antum dapatkan di MIMBA Store

Miliki lingkungan dengan visi yang sama

Tahukah antum, lingkungan memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan perilaku kita. Jika berada di lingkungan positif, maka cenderung kita akan terbawa menjadi orang yang positif, dan demikian sebaliknya.

Oleh karena itu, jika antum ingin belajar tahsin Al-Qur’an, maka bergaullah dengan lingkungan yang berisi orang-orang yang memiliki tujuan yang serupa. Dengan demikian, maka antum tidak akan merasa sendiri, antum juga bisa saling sharing dan konsultasi apabila ada kendala selama belajar, dan antum juga akan lebih semangat ketika melihat banyaknya teman yang sama-sama belajar tahsin Al-Qur’an.

 

Kabar Gembira Untuk Warga Bandung dan Sekitarnya

Di akhir artikel ini, akan kami informasikan tentang sebuah kabar gembira bagi siapapun yang ingin belajar tahsin Al-Qur’an yang kebetulan berdomisili di kota Bandung dan sekitarnya.

Yayasan Imam Malik Bandung bekerjasama dengan DKM Masjid Ash-Shiddiq menyelenggarakan kajian rutin tahsin Al-Qur’an setiap hari Ahad ba’da maghrib sampai dengan selesai.

Fasilitas ini disediakan secara GRATIS bagi pada ikhwan yang ingin belajar tahsin Al-Qur’an secara efektif, karena proses belajar, media belajar, serta pembimbingnya sudah memenuhi semua hal yang dijelaskan dalam tips di atas, diantaranya :

  • Diselenggarakan secara rutin setiap hari Ahad ba’da maghrib
  • Belajar langsung dengan pembimbing yang berpengalaman, yaitu Al-Ustads Rully Abu Husna (hafizhahullahu)
  • Disediakan kitab Metode Asy-Syafi’i secara GRATIS untuk antum yang mau serius dan rutin mengikuti kajian tahsin Al-Qur’an ini
  • Belajar bersama orang-orang yang memiliki tujuan yang sama untuk memperbaiki dan memperbagus bacaan Al-Qur’an.

Untuk mendapatkan informasi terbaru tentang kajian rutin tahsin Al-Qur’an serta kajian rutin tentang ilmu Islam lainnya, antum bisa me-like fanpage Ma’had Imam Malik Bandung.

Dengan me-like fanpage diatas, setiap kali admin memposting informasi tentang kajian atau yang lainnya, maka informasi tersebut akan antum dapatkan.

***

Demikianlah informasi tentang tips memperbaiki bacaan Al-Qur’an yang insyaa Allah efektif. Semoga bermanfaat…

Barokallahu fiikum…

One thought on “Tips Memperbaiki Bacaan Al-Qur’an yang Insyaa Allah Efektif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *